Sukses

Ada Modus Penipuan Baru Menguras Isi Rekening, Simak Tiga Jurus OJK untuk Melawannya

Tiga jurus untuk mengamankan data perbankan dari penipuan

Liputan6.com, Jakarta- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat mewaspadai modus penipuan baru yang dapat menguras rekening bank, hal ini merupakan cara baru yang sedang marak terjadi.

Dikutip dari akun Instagram resmi OJK @ojkindonesia, Sabtu (8/7/2023), modus penipuan yang saat ini sedang marak yaitu mengirimkan link, file atau aplikasi yang jika diklik dapat menguras rekning.

Biasanya link, file atau aplikasi yang menjadi modus penipuan tersebut dikirim lewat aplikasi percakapan yang tersedia di gawai, disertai dengan narasi yang menarik agar kita tergiur untuk mengklik kiriman tersebut.

"Modus penipuan kian marak dengan beragam cara untuk menjerat korban, mulai dari mengirimkan link, file atau ajakan untuk mengunduh aplikasi yang jika diklik bisa mencuri data dan menguras rekeningmu," imbau OJK lewat unggahan akun resmi Instagramnya.

Unggahan tersebut pun menyebutkan tiga jurus untuk mengamankan data perbankan dari penipuan dengan modus mengirimkan link, file atau ajakan untuk mengunduh aplikasi.

Jurus pertama adalah jangan asal klik link atau file dari orang yang tidak dikenal.

Jurus kedua adalah jangan langsung instal file yang dikirim.

Jurus ketiga adalah jangan beri izin akses untuk aplikasi yang tidak dikenal.

"Yuk terapkan 3 jurus ini untuk amankan data kita 👉🏻," tutup unggahan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini