Sukses

Unjuk Kreativitas Mahasiswa, UGM Gelar Ajang Kompetisi Komunikasi

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gajah Mada (UGM) kembali menggelar Laksamana UGM yang merupakan lomba bidang Ilmu Komunikasi tingkat SMA se-Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gajah Mada (UGM) kembali menggelar Laksamana UGM yang merupakan lomba bidang Ilmu Komunikasi tingkat SMA se-Indonesia.

Jelang pelaksanaan lomba tersebut, Departemen Ilmu Komunikasi UGM menyelenggarakan pre-event dalam bentuk seminar daring bertajuk Commsultation: Unveiling The World of Communication Studies pada Jumat, 7 Juli 2023 lalu.

Ketua Panitia Laksamana UGM 2023, R.A. Aishalda Kuslardiyani mengatakan, tujuan Commsultation ini sendiri sebagai ruang konsultasi bagi siswa-siswi SMA yang penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang dinamika perkuliahan di Departemen Ilmu Komunikasi UGM.

Ketua Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi UGM, Nyarwi Ahmad mengapresiasi acara tersebut. Sebab, lomba kompetisi komunikasi yang digelar UGM, tidak hanya menunjukkan kreativitas mahasiswa ilmu komunikasi UGM.

"Tetapi juga upaya menyiapkan calon mahasiswa ilmu komunikasi ke depan sehingga bisa lebih mengenal diri dan departemen ini," kata Nyarwi.

Sementara, dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM, Zainuddin Muda Z. Monggilo, beberapa topik pembahasan, antara lain sejarah pendirian Ilmu Komunikasi UGM, karakter dan kurikulum, peluang kerja, serta kanal digital Dikom UGM.

"Komunikasi itu komuniasik dan komuniaksi. Kita bermain pada kata kasi. Jika kita menambahkan huruf h, maka akan menjadi kasih, kita menjadi lebih empati, tahu kapan harus bersenang-senang dan kapan harus serius. Ilmu Komunikasi memang luas, maka tergantung kita dalam memilah dan memilihnya," ujar pria yang akrab disapa Zam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini