Sukses

Hoaks Seputar China Dikaitkan dengan Agama, Simak Daftarnya Biar Tak Terpengaruh

Kumpulan hoaks seputar China yang dikaitkan dengan agama.

Liputan6.com, Jakarta - China menjadi salah satu negara yang dijadikan sasaran hoaks, informasi palsu tersebut mengaitkan dengan beragam isu mulai dari kesehatan sampai agama.

Hoaks seputar China yang dikaitkan dengan agama harus dihindari sebab dapat memprovokasi. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan memantau situs Liputan6.com.

Berikut kumpulan hoaks seputar China yang dikaitkan dengan agama.

Video China Hancurkan Masjid di Ethiopia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2023.

Unggahan klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia menampilkan sebuah foto sejumlah orang sedang berduduk mengadap ke sebuah bangunan dan menara.Kemudian dilanjutkan dengan tayangan rubuhnya sebuah menara berwarna hijau yang disaksikan sejumlah orang. Video berikutnya menampilkan sejumlah orang sedang berada di jalan.

Dalam video terdapat narasi tulisan sebagai berikut.

"PENGHANCURAN MASJID BESAR-BESARAN

Muslim Ethiopia mencoba Melindung masjid mereka

Pemerintah Ethiopia telah mulai menghancurkan banyak Masjid dalam beberapa hari terakhir

mereka sudah Merobohkan 20 Masjid lebih di Ethiopia

Sama seperti di China, umat Islam di sana juga ikut Melindungi Masjid mereka

Tapi Aksi Protes yang mereka lakuka tidak disabuk Baik oleh Aparat disana

Mereka ditembagi gas Air mata agar menjauh dari Masjid yang ingin mereka lindungi

Penghancuran Masjid-masjid ini dikarenakan Pemerinta disana ingin membangun Kota Baru

Kota baru yang disebut Sheger City akan seger di Bangun di Pinggiran Ibu Kota Addis Ababa yang mana disana telah ditempati Ribuan rumah warga

Yang mana pemerintah Ethiopia segera menghancurkan semua Rumah dan Masjid yang Berdiri disana, dan membuat Ribuan orang menjadi Tunawisma

pemerintah mengklaim bahwa Masjid-masjid tersebut dibangun "secara ilegal"

meskipun beberapa Rumah dan Masjid sudah ada di sana selama lebih dari satu Dekade dan memiliki surat-surat yang Lengkap, namun tetap saja semua itu mereka hancurkan

beberapa orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat mereka memprotes pemerinyah agar menghentikan penghancuran masjid mereka."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"*CHINA KOMUNIS BIADAB DI- ETHIOPIA*"

Benarkah klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Polisi Bubarkan Pengajian untuk Merampas Tanah Demi Mendapat Bayaran dari China

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim polisi membubarkan ibu-ibu pengajian demi merebut tanah dan mendapat bayaran dari China. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 21 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 1 menit dengan narasi sebagai berikut:

"VILARKAN POLISI PKI REJIM JKW... **Betapa Biadap nya para keparat itu Terhadap Rakyatnya & Umat Islam ibu2 yg lagi Mengadakan Pengajian, Padahal polri itu Wajib hukumnya Menjaga & Mengayomi Warga, ini Polri Sangat Tidak adil hanya demi utk bayaran uang haram oleh cina2 yg Merebut Tanah Warga...!!!!'

Akun itu juga menambahkan narasi "Udah kayak di Palestina rakyat dikorbankan demi tuannya si rakyat Xi Jin Ping"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim polisi membubarkan ibu-ibu pengajian demi merebut tanah dan mendapat bayaran dari China? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

3 dari 4 halaman

Presiden China Xi Jinping Kunjungi Masjid untuk Minta Doa Umat Muslim

Presiden China Xi Jinping diklaim mengunjungi salah satu masjid dan meminta bantuan umat muslim, untuk mendoakan negaranya yang sedang mengalami krisis.

Kabar tersebut salah satunya bersumber dari akun Facebook, dengan mengunggah video yang menggambarkan Presiden China Xi Jinping mengunjungi sebuah masjid dengan mengenakan kemeja putih.

Kedatangan Xi Jinping pun disambut sejumlah orang yang juga mengenakan kemeja putih dan peci putih. Dalam video tersebut, Xi Jinping dan sejumlah orang yang ada di dalam masjid melakukan perbincangan dan diakhiri dengan tepuk tangan.

Unggahan video Xi Jinping mengunjungi masjid oleh akun Facebook Ptq Abdillah pada 4 Februari 2019 tersebut dibubuhi keterangan

"Presiden Cina xi jinping mengunjungi masjid dan meminta umat Islam untuk berdoa di negara yang sedang dilanda krisis ini. Kami membutuhkan bantuan Anda".

Benarkah dalam video tersebut Presiden Xi Jinping meminta bantuan doa umat muslim saat mengunjung masjid?.

Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com  dalam artikel beriktu ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini