Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Tayangan The Simpsons Ini Ramalkan Kebakaran di Hawaii

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tayangan The Simpsons ramalkan kebakaran di Hawaii

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tayangan The Simpsons ramalkan kebakaran di Hawaii, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 27 Agustus 2023.

Unggahan klaim tayangan The Simpsons ramalkan kebakaran di Hawaii tersebut menampilkan video cuplikan kartun The Simpsons, dalam video kartun tersebut terlihat tembakan sinar yang membakar bangunan. Sejumlah tokoh terlihat menghindari sinar tersebut.

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut.

"Simpons did it again In Hawaii"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Begitu banyak episode Simson dan di kemudian hari kejadian, seperti ngebom wtc,Pentagon,gantung Sadam Husein, hancurkan Afganistan, kopit dll.. film ramalan atau rekayasa (konspirasi) masa depan

#mikir"

Benarkah klaim tayangan The Simpsons ramalkan kebakaran Hawaii? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tayangan The Simpsons ramalkan kebakaran di Hawaii menggunakan Google Search dengan kata kunci 'The Simpsons Hawaii'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Did the Simpsons predict Maui wildfire? Debunking the link to the Hawaii catastrophe" yang dimuat situs hindustantimes.com, pada 16 Agustus 2023. Artikel tersebut membahas video yang identik dengan klaim.

Situs hindustantimes.com menyebutkan, episode dalam tayangan klaim video berjudul "Monty Burns' Fleeing Circus", menampilkan patung krom yang memantulkan sinar matahari hingga menyebabkan kehancuran. Namun, episode tersebut tidak menggambarkan patung krom tersebut sebagai senjata militer yang membuat kebakaran di Hawai.

Ketika perdebatan mengenai penyebab kebakaran hutan di Maui Hawaii terus berlanjut, bukti-bukti menunjukkan bahwa putusnya jalur utilitas mungkin menjadi pemicu kebakaran dahsyat tersebut.

Gugatan class action telah diajukan terhadap perusahaan listrik Hawaii, Hawaiian Electric Co., menuduh perusahaan utilitas lalai karena tidak mematikan aliran listrik di tengah peringatan angin kencang.

Gugatan tersebut berargumen bahwa perusahaan tersebut mengetahui strategi efektif seperti pemadaman listrik untuk mencegah kebakaran hutan, namun gagal menerapkannya.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Did 'The Simpsons' Predict the Use of Directed Energy Weapons (DEW)?" yang dimuat oleh situs snopes.com, pada 15 Agustus 2023.

Situs snopes.com menyebutkan, apa yang sebenarnya terjadi dalam episode "The Simpsons" tahun 2016 berjudul "Monty Burns' Fleeing Circus" adalah patung krom yang baru didirikan di pusat kota Springfield secara tak terduga bertindak sebagai cermin, memfokuskan sinar matahari menjadi sinar yang kuat yang kemudian menghancurkan sebagian besar kota. Senjata ini tidak direpresentasikan sebagai senjata militer, apalagi sebagai "senjata energi terarah".

Sumber:

https://www.hindustantimes.com/world-news

https://www.snopes.com/fact-check/simpsons-predict-directed-energy-weapons/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim tayangan The Simpsons ramalkan kebakaran di Hawaii tidak benar.

Klaim video tersebut adalah bagian dari episode berjudul "The Simpsons" tahun 2016 berjudul "Monty Burns' Fleeing Circus" yaitu tentang patung krom yang baru didirikan di pusat kota Springfield secara tak terduga bertindak sebagai cermin, memfokuskan sinar matahari menjadi sinar yang kuat yang kemudian menghancurkan sebagian besar kota.

 

4 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.