Sukses

Hoaks Dukungan Capres 2024 Beredar, Ini Faktanya

Beredar hoaks dukungan Capres 2024

Liputan6.com, Jakarta- Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 peredaran hoaks seputar politik semakin beragam, salah satunya adalah terkait dengan dukungan terhadap sala satu calon presiden.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks seputar dukungan terhadap capres, keberadaan informasi palsu ini tentu dapat menimbulkan persepsi yang salah dan merusak cita-cita Pemilu damai.

Berikut kumpulan hoaks seputar dukungan capres.

PDIP Jatim Membelot Dukung Anies Baswedan

Beredar kembali di media sosial postingan yang mengklaim PDIP Jawa Timur membelot untuk mendukung Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak dua pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 September 2023.

Dalam video berdurasi 2 menit 51 detik itu terdapat narasi sebagai berikut:

"PDIP Kab Blitar Jatim kini telah membelot pilih Anies Baswedan, bahkan PDIP se Jatim. Ini membuktikan bahwa rakyat Indonesia sudah banyak yg sadar karena pr ketum parpolnya hanya mementingkan kepentingan pribadi"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim PDIP Jawa Timur membelot untuk mendukung Anies Baswedan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Partai Nasdem Beralih Mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu. Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook, pada 16 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Diam-diam Dukung Ganjar, Keputusan Mutlak Surya Paloh Bikin Anies Jantungan"

Akun itu menambahkan narasi "K4bar Bvruk Untuk An1es‼️ Keputvsan Mut1ak Surya Pa1oh Akh1rnya Usvng G4njar Di Pi1pres 2O24"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Partai Nasdem akhirnya beralih mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024? Telusuri faktanya di sini...

3 dari 4 halaman

Uskup Katolik Jabodetabek Deklarasi Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden

Beredar di media sosial postingan berjudul Uskup Katolik Jabodetabek deklarasi dukung Anies Baswedan menjadi Presiden. Postingan itu beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 21 Oktober 2022.

Dalam postingannya terdapat gambar dengan narasi berikut ini:

"Buzzer kejang-kejang para Uskup Katolik Sejabodetabek deklarasi Anies hari ini"

Akun itu menambahkan narasi "Ya Tuhan para uskup sejabodetabek sudah memberikan dukungan semoga Paus Indonesia bisa memberikan dukungan juga"

Lalu benarkah postingan berjudul Uskup Katolik Jabodetabek deklarasi dukung Anies Baswedan menjadi Presiden? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.