Sukses

Anies Baswedan Jadi Sasaran Pembuat Hoaks, Simak Faktanya

Anies Baswedan menjadi salah satu Bacapres yang kerap dijadikan sasaran para pembuat hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan menjadi salah satu Bacapres yang kerap dijadikan sasaran para pembuat hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Anies Baswedan terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Presiden Jokowi Tunjuk Anies Baswedan Sebagai Capres Masa Depan

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi menunjuk Anies Baswedan sebagai calon Presiden masa depan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang mengarahkan tangan pada Anies Baswedan dengan narasi:

"Dialah calon Presiden masa depan".

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi menunjuk Anies Baswedan sebagai calon Presiden masa depan? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Anies Baswedan Pindah Agama Sembahyang di Vihara

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Anies Baswedan pindah agama sembahyang di vihara, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 16 September 2023.

Unggahan klaim video Anies Baswedan pindah agama sembahyang di vihara tersebut menampilkan Anies Baswedan mengenakan masker, sedang berada di dalam ruang bernuansa oriental sedang memegang benda berbentuk lidi pada ujungnya terlihat asap, kemudian menancapkannya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"ASTAFIRLOHHALAZIM. MANUSIA YANG AKAN DILAKNATTULLAH IMAM MUHIDI. AGAMANYA PINDAH PINDAH. IMAM MUHIDI LAGI SEMBAHYANG DI WIHARA.. ALLAH SAJA DI PERMAINKAN APA LAGI MANUSIA.."

Benarkah klaim video Anies Baswedan pindah agama sembahyang di vihara? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Anies Baswedan Mengubah Namanya Menjadi Mahdi Yohanis Khan

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Anies Baswedan mengubah namanya menjadi Mahdi Yohanis Khan. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 September 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi:

"Sekarang namanya jadi Mahdi Yohanis Khan. Macam2 cara di buat demi ambisi jdi RI-1."

Akun itu menambahkan narasi:

"INILAH ANIES WAN EDAN YG SEDANG MEMPERMAINKAN AGAMA ANIS Akan menghalalkan segala macam cara, demi ambisinya, Utk masuk SBG capres RI 1"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Anies Baswedan mengubah namanya menjadi Mahdi Yohanis Khan? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini