Sukses

Ragam Hoaks Mengkaitkan Presiden Jokowi dan Anies Baswedan, Simak Daftarnya

Hoaks kerap beredar yang mengkaitkan dengan Presiden Jokowi dan Bacapres Anies Baswedan. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap beredar yang mengkaitkan dengan Presiden Jokowi dan Bacapres Anies Baswedan. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Lalu apa saja hoaks yang mengaitkan Presiden Jokowi dan Anies Baswedan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Presiden Jokowi Tunjuk Anies Baswedan Sebagai Capres Masa Depan

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi menunjuk Anies Baswedan sebagai calon Presiden masa depan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang mengarahkan tangan pada Anies Baswedan dengan narasi:

"Dialah calon Presiden masa depan".

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi menunjuk Anies Baswedan sebagai calon Presiden masa depan? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Heru Budi Disuruh Jokowi Acak-Acak Karya Anies Baswedan Biar Terlihat Kerja

Beredar di media sosial postingan yang menyebut PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono disuruh Presiden Jokowi untuk mengacak-acak karya Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Desember 2022.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Heru Budi: Saya Disuruh Jokowi Acak-Acak Karya Anis Biar Nampak Kerja Saya"

Akun itu menambahkan narasi "BERITA SAMPAH PASTI EDITAN, MERUSAK KERUKUNAN WARGA JAKARTA...HERU ITU BAIK KOK HEHEHE"

Lalu benarkah postingan yang menyebut PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono disuruh Presiden Jokowi untuk mengacak-acak karya Anies Baswedan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Muncul Lagi Hoaks Foto Presiden Jokowi Pegang Gambar Anies Baswedan

Beredar kembali di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang memegang gambar wajah Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 14 September 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang memegang foto Anies Baswedan dengan tulisan perubahan Indonesia. Foto itu disertai narasi;

"Kaulah yg pantas jadi RI-1"

Akun itu juga menambahkan narasi "Pak Jokowi aj mengakuinyaaaa.."

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi sedang memegang gambar wajah Anies Baswedan? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini