Sukses

Deretan Hoaks Catut Nama Ganjar Pranowo Terbaru, Simak Daftarnya

Hoaks seputar Ganjar Pranowo terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial dan aplikasi percakapan dalam beragam tema.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar Ganjar Pranowo terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial dan aplikasi percakapan dalam beragam tema.

Lalu apa saja hoaks terbaru seputar Ganjar Pranowo? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Foto Ganjar Pranowo Bersama Kakek Sugiono

Beredar di media sosial postingan Ganjar Pranowo berfoto dengan Kakek Sugiono. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 16 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Ganjar Pranowo dengan Kakek Sugiono dengan narasi sebagai berikut:

"Gubernur yg berprestasi..!! Banyak dapat penghargaan baru-baru ini...loh..!!"

Lalu benarkah postingan Ganjar Pranowo berfoto dengan Kakek Sugiono? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Baliho Ganjar Pranowo Bertuliskan 'Ganja Untuk Semua'

Sebuah foto yang diklaim baliho Ganjar Pranowo bertuliskan "GANJA UNTUK SEMUA" beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 September 2023.

Dalam foto baliho tersebut terlihat ilustrasi wajah Ganjar Pranowo dengan narasi bertuliskan "GANJA UNTUK SEMUA".

"GANJA UNTUK SEMUA CEBONG

Saking semangat 45 pasang baliho, lupa satu huruf jadi lain artinya...hahahaah BeginiLah KaLau Mau Menipu Rakyat ... Akhirnya SaLah Tulis Nama , PadahaL Percetakan yg Bust , ko" Bisa Matanya Manusia yg Banyak Padang gak Bisa Baca...Tulisan Namanya Ganjar Pranowo....!!! 😂🤣😄😁🤭😅🥹😎🥸👁️," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat beragam komentar warganet.

Benarkah dalam foto baliho tersebut bertuliskan "GANJA UNTUK SEMUA"? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Ganjar Pranowo Jadi Marbut Masjid

Sebuah video yang diklaim bakal calon presiden (capres) yang diusung PDIP Ganjar Pranowo menjadi marbut masjid beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Instagram pada 13 September 2023.

Akun Instagram tersebut mengunggah video Ganjar Pranowo yang tengah membersihkan tempat wudhu. Video itu kemudian diberi narasi berisi klaim bahwa Ganjar telah menjadi marbut di salah satu masjid.

"Lagi, setelah viral jadi bintang adzan maghirb, Ganjar kini jadi bintang marbot di Ponpes," demikian narasi dalam video tersebut.

"Waaarrrbiasaahh..., tak doakan semoga cita2 bapak bisa tercapai..,jadi marbot masjid.. Aamiin 🤲," tulis salah satu akun Instagram.

Konten yang disebarkan akun Instagram tersebut telah 67.618 kali disukai dan mendapat beragam respons dari warganet.

Sebelumnya, bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo muncul di tayangan video azan magrib yang ditayangkan dua stasiun televisi milik Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo. Dalam tayangan tersebut, Ganjar Pranowo tampak mengenakan baju koko warna putih, peci hitam dan sarung batik.

Ia terlihat menyalami jemaah yang masuk ke masjid. Kemudian disorot juga mantan Gubernur Jawa Tengah itu menjadi makmum ketika salat berjemaah. Tayangan ini pun menuai kritik dari masyarakat, terutama warganet. Mereka menilai Ganjar sedang mempraktikkan politik identitas dengan memanfaatkan stasiun TV.

Benarkah dalam video itu Ganjar menjadi marbut masjid? Simak dalam artikel berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini