Sukses

Deretan Hoaks Seputar Prabowo Subianto, Simak Daftarnya

Seluruh Capres dalam Pemilu 2024 tak luput dari sasaran hoaks tak terkecuali Prabowo Subianto. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh Capres dalam Pemilu 2024 tak luput dari sasaran hoaks tak terkecuali Prabowo Subianto. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Prabowo Subianto terbaru? Nerikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Prabowo Janjikan Rp 150 Juta Bagi yang Mendukungnya pada 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan memberikan hadiah uang Rp 150 juta bagi yang mendukungnya pada tahun 2024. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Instagram. Akun itu mengunggahnya pada 7 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Buat siapa saja pendukung saya 2023-2024 saya berjanji akan memberikan hadiah 150 juta untuk 75 orang. Daftarkan diri kalian?!"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan memberikan hadiah uang Rp 150 juta bagi yang mendukungnya pada tahun 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Prabowo Deklarasikan Mahfud MD Sebagai Cawapres di Pemilu 2024

Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto mendeklarasikan Mahfud MD sebagai Cawapresnya di Pemilu 2024. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 18 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi

"Prabowo Subianto, Bakal Calon Presiden Umumkan Prof. H. Mohammad Mahfud Mahmodin S.h., S.U., M.I.P dikenal dengan nama Mahfud MD sebagai Bakal Calon Wapresnya".

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 98,2 ribu kali, mendapat 34 ribu likes, dan 6,8 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan video Prabowo Subianto mendeklarasikan Mahfud MD sebagai Cawapresnya di Pemilu 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Baliho Prabowo Subianto Sebagai Capres dan Jan Ethes Sebagai Cawapres

Beredar di media sosial postingan foto baliho Prabowo Subianto sebagai Capres dan Jan Ethes sebagai Cawapres. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 16 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Prabowo dengan Jan Ethes dengan narasi sebagai berikut.

"Masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden dan Jan Ethes Srinarendra Sebagai Calon Wakil Presiden"

Akun itu menambahkan narasi:

"Uwahahahahah....

Waduuuh kenapa jadi Jan Ethes yang bakal jadi Cawapres Prabowo... Walah ke MK lagi kalau begini, kudu revisi umur Cawapres...

Ya ampuuun"

Lalu benarkah postingan foto baliho Prabowo Subianto sebagai Capres dan Jan Ethes sebagai Cawapres? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini