Sukses

Foto Baliho Hoaks Marak Beredar di Media Sosial Jelang Pemilu 2024, Jangan Mudah Terkecoh

Foto baliho hoaks banyak tersebar di media sosial jelang Pemilu 2024. Hal ini tentu saja harus diluruskan agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Foto baliho hoaks banyak tersebar di media sosial jelang Pemilu 2024. Hal ini tentu saja harus diluruskan agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Lalu apa saja hoaks foto baliho yang tersebar belakangan ini? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Baliho Prabowo Subianto Sebagai Capres dan Jan Ethes Sebagai Cawapres

Beredar di media sosial postingan foto baliho Prabowo Subianto sebagai Capres dan Jan Ethes, putra Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 16 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Prabowo dengan Jan Ethes dengan narasi sebagai berikut.

"Masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden dan Jan Ethes Srinarendra Sebagai Calon Wakil Presiden"

Akun itu menambahkan narasi:

"Uwahahahahah....

Waduuuh kenapa jadi Jan Ethes yang bakal jadi Cawapres Prabowo... Walah ke MK lagi kalau begini, kudu revisi umur Cawapres...

Ya ampuuun"

Lalu benarkah postingan foto baliho Prabowo Subianto sebagai Capres dan Jan Ethes sebagai Cawapres? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Baliho Ganjar Pranowo Bertuliskan 'Ganja Untuk Semua'

Sebuah foto yang diklaim baliho Ganjar Pranowo bertuliskan "GANJA UNTUK SEMUA" beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 September 2023.

Dalam foto baliho tersebut terlihat ilustrasi wajah Ganjar Pranowo dengan narasi bertuliskan "GANJA UNTUK SEMUA".

"GANJA UNTUK SEMUA CEBONG

Saking semangat 45 pasang baliho, lupa satu huruf jadi lain artinya...hahahaah BeginiLah KaLau Mau Menipu Rakyat ... Akhirnya SaLah Tulis Nama , PadahaL Percetakan yg Bust , ko" Bisa Matanya Manusia yg Banyak Padang gak Bisa Baca...Tulisan Namanya Ganjar Pranowo....!!! 😂🤣😄😁🤭😅🥹😎🥸👁️," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat beragam komentar warganet.

Benarkah dalam foto baliho tersebut bertuliskan "GANJA UNTUK SEMUA"? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto SBY dan AHY Duduk di Depan Baliho Bernarasi 'Koalisi Perubahan Nasib'

Beredar di media sosial postingan foto SBY dan AHY sedang duduk di depan baliho dengan narasi "Koalisi Perubahan Nasib". Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 September 2023.

Dalam unggahannya terdapat foto SBY dan AHY sedang duduk di depan baliho. Baliho itu bertuliskan:

"Dicari Capres Yang Butuh Cawapres. Hub segera Koalisi Perubahan Nasib"

Akun itu menambahkan narasi:

"HARI GINI MEMANG LAGI SUSAH CARI KERJA"

Lalu benarkah postingan foto SBY dan AHY sedang duduk di depan baliho dengan narasi "Koalisi Perubahan Nasib"? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini