Sukses

Prabowo Jadi Salah Satu Capres yang Diterpa Hoaks, Simak Kumpulannya

Berikut kumpulan hoaks seputar Prabowo Subianto

Liputan6.com, Jakarta- Kandidat calon presiden atau capres menjadi bahan hoaks seputar pemilu, salah satu sosoknya adalah Prabowo Subianto. Hal ini tentu dapat menimbulkan persepsi yang salah pada tokoh tersebut.

Hoaks Prabowo Subianto yang beredar di tengah masyarakat pun beragam, hal tersebut telah diungkap Cek Fakta Liputan6.com setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar Prabowo Subianto.

Foto Baliho Capres-Cawapres Prabowo-Jan Ethes di Labuhan Bajo

 

Penelusuran klaim foto baliho Prabowo Subianto sebagai capres dan Jan Ethes sebagai cawapres muncul di Labuan Bajo

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto baliho Prabowo Subianto sebagai capres dan Jan Ethes sebagai cawapres muncul di Labuan Bajo, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Oktober 20230.

Klaim foto baliho Prabowo Subianto sebagai capres dan Jan Ethes sebagai cawapres muncul di Labuan Bajo, menampilkan tangkapan layar artikel media online berjudul.

"Manggarai Barat

Baliho Duet Prabowo-Jan Ethes Muncul Di Labuhan Bajo"

Dengan waktu penayangan Jumat, 25 Agus 2023 17.40 WIB.

Di dalamnya terdapat foto Prabowo Subianto dan Jan Ethes dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Masyarakat NTT mendukung

Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden dan Jan Ethes sebagai Calon Wakil Presiden"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Cocok sih.. dicocok-cokin aja".

Benarkah klaim foto baliho Prabowo Subianto sebagai capres dan Jan Ethes sebagai cawapres muncul di Labuan Bajo? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

2 dari 4 halaman

Video Pidato Prabowo Subianto Menggunakan Bahasa Arab

Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto sedang berpidato menggunakan bahasa Arab. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Tiktok. Akun itu mempostingnya pada 8 November 2023.

Dalam postingannya terdapat video Prabowo Subianto sedang berpidato dengan menggunakan bahasa Arab. Postingan itu disertai narasi:

"tanpa di edit pakai AI bilau pun bisa bhs arab"

Lalu benarkah postingan video Prabowo Subianto sedang berpidato menggunakan bahasa Arab? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

3 dari 4 halaman

Artikel Riwayat Sakit Prabowo Subianto

Beredar di media sosial postingan artikel yang mengklaim sejumlah riwayat sakit capres Prabowo Subianto. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 November 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar artikel berjudul "Riwayat Sakit Prabowo Subianto, Vertigo, Isu Stroke hingga Cuci Otak"

Gambar itu juga disertai narasi "Lah gk bahaya ta jem"

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Opo yo kuat eyang blusukan ke pelosok daerah, aplg klo hrs ke Papua.Seandainya di tengah pemerintahannya klo eyang Wowok tiba2 sakit, otomatis Bocil naik jd RI 01.Makanya knp Pak lurah gK rela klo org lain yg jd Cawapres nya Wowok." Anknya yg disruh maju meskipun hrs obok2 konstitusi"

Lalu benarkah postingan judul artikel yang mengklaim sejumlah riwayat sakit capres Prabowo Subianto? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Video Terkini