Sukses

Cek Fakta: Konteks yang Salah Anies Baswedan Tempuh SMA 4 Tahun Bukti Rekam Jejaknya di Bawah Standar

Beredar di media sosial postingan artikel yang menyebut Anies Baswedan jalani pendidikan SMA selama 4 tahun. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan artikel yang menyebut Anies Baswedan jalani pendidikan SMA selama 4 tahun. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 Desember 2023.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul:

"Anies Baswedan Jalani Pendidikan SMA Selama 4 Tahun"

Akun itu menambahkan narasi:

"Di Toa Ngaku Anak Cerdas... Rekam Jejaknya Dibawah Standar Rata Rata.... NGIBUL nya ngaa ada tgl kadaluarsa"

Lalu benarkah postingan artikel yang menyebut Anies Baswedan jalani pendidikan SMA selama 4 tahun?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan mengetik kata kunci "Anies Baswedan Jalani Pendidikan SMA Selama 4 Tahun" seperti dalam postingan. Hasilnya terdapat artikel yang identik dengan postingan.

Artikel itu diunggah oleh Republika.co.id pada 24 September 2016. Dalam artikel itu dijelaskan alasan Anies Baswedan menempuh pendidikan SMA selama 4 tahun.

Ternyata Anies Baswedan sempat terpilih menjadi Ketua OSIS se-Indonesia pada 1985. Pada 1987, dia terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS dan tinggal selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.

Program inilah yang membuatnya menempuh masa SMA selama empat tahun dan baru lulus pada tahun 1989.

Penjelasan yang sama juga ditemukan di artikel Liputan6.com berjudul "Anies Baswedan, Sosok DKI 1 yang Bakal Maju Jadi Capres Partai Nasdem" yang tayang pada 3 Oktober 2022.

Dalam artikel itu dijelaskan bahwa lulus dari SMP, Anies meneruskan pendidikannya di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Dia tetap aktif berorganisasi hingga terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS dan mengikuti pelatihan kepemimpinan bersama tiga ratus orang Ketua OSIS se-Indonesia. Hasilnya, Anies terpilih menjadi Ketua OSIS se-Indonesia pada 1985.

Pada 1987, dia terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS dan tinggal selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Program ini membuatnya menempuh masa SMA selama empat tahun dan baru lulus pada 1989.

Sumber:

https://www.liputan6.com/regional/read/5086541/profil-anies-baswedan-sosok-dki-1-yang-bakal-maju-jadi-capres-partai-nasdem?page=3

https://news.republika.co.id/berita/oe01t0361/anies-baswedan-jalani-pendidikan-sma-selama-4-tahun-part1

https://kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id/cabinet_personnel/popup_profil_pejabat.php?id=667&presiden_id=18&presiden=jokowi

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan artikel yang menyebut Anies Baswedan jalani pendidikan SMA selama 4 tahun telah dimaknai dalam konteks yang salah. Faktanya Anies menempuh pendidikan SMA selama empat tahun karena terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS dan tinggal selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini