Sukses

Daftar Hoaks Terkini Terkait Capres-Cawapres AMIN, Simak Faktanya

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar Capres-Cawapres AMIN

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) kerap dijumpai di media sosial, kontestansi pilpres 2024 tersebut pun tak luput dari serangan hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks seputar Capres-Cawapres AMIN, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di masyarakat lewat media sosial.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar Capres-Cawapres AMIN.

Foto Pelajar Pasang Gambar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Ruang Kelas

 

<p>Cek Fakta pelajar memasang foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar</p>

Beredar di media sosial postingan foto pelajar sedang memasang foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di ruang kelas. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat sejumlah pelajar dan guru sedang memasang foto Anies Baswedan dan pelajar lain memegang foto Muhaimin Iskandar.

Postingan itu disertai narasi "Amin"

Lalu benarkah postingan foto pelajar sedang memasang foto Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di ruang kelas? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Poster Program Pasangan Amin Jika Terpilih

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan poster program unggulan Anies Baswedan dan Cak Imin jika terpilih. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Januari 2023.

Berikut isi postingannya:

*PROGRAM UNGGULAN “AMIN” APABILA TERPILIH MENJADI PRESIDEN 😘

Antara lain :

1. Pajak Mobil dan Motor hanya dibayar sekali saja, Tidak ada perpanjangan STNK, berfungsi sama seperti KTP.

2. Kartu SIM berlaku seperti KTP. Tidak ada perpanjangan SIM.

3. BPJS akan gratis.

4. Gratis listrik 1.300 W, 900 W dan 450 W.5. Program PKH Plus bagi penerima PKH dan atau bantuan lainnya didata ulang, agar bisa merata dan adil dalam penerimaannya.

6. Tanah negara dapat didirikan bangunan sekolah swasta. Sebab kalau dipakai untuk pendidikan tanahnya tidak hilang, tetapi kalau dipakai investor asing tanahnya bisa hilang dikuasai orang asing.

7. Pendidikan gratis.

8. Harga pupuk murah dan semua petani harus bisa membeli, tidak perlu kartu tani.

8. Menciptakan lapangan kerja baru, agar para pencari kerja segera memperoleh tempat bekerja.

9. Harga sembako diturunkan menjadi murah.10. Pajak Bumi Bangunan (PBB) Untuk Rumah Tinggal Di Nolkan Terkecuali Tempat Usaha.

11. ⁠Perbaikan Sistem Pengajian/Kesejahteraan ASN/PNS,TNI dan POLRI TENAGA HONORER GURU,KESEHATAN,ADMINISTRASI, LANGSUNG DI ANGKAT MENJADI ASN/PNS DAN P3K di hapus Kemudian di Jadikan ASN/PNS. Untuk Kesetaraan dan Keadilan.

Lalu benarkah postingan poster program unggulan Anies Baswedan dan Cak Imin? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.....

3 dari 4 halaman

Video SBY Arahkan Coblos Capres-Cawapres Nomor Urut 1

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Desember 2023.

Klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN, menampilkan SBY berbicara "coblos nomor satu" dengan mengacungkan jari telujuk dari tangan kanannya.

Dalam video tersebut terdapat tulisan  sebagai berikut.

"salam perubahan untuk persatuan

Siap pak sy Akan Coblos No. 1"

Dalam video tersebut juga disertakan foto pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Benarkah klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 AMIN? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini