Sukses

Daftar Hoaks Bantuan Dana untuk Masyarakat, dari Lansia hingga Pelunasan Pinjol

Untuk memudahkan masyarakat mengenali hoaks terkait bantuan, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumalah hoaks seputar bantuan tersebut, simak daftarnya dalam artikel berikut ini biar tidak jadi korban.

Liputan6.com, Jakarta- Informasi tentang bantuan dana untuk masyarakat beredar di media sosial, kabar tersebut tentu menggiurkan namun bagaimana jika hanyalah hoaks bahkan menjadi modus penipuan?.

Tentu kita tidak ingin terpengaruh oleh informasi bohong tersebur dan menjadi korbannya, sebab itu sebaiknya kita jeli ketika mendapat informasi dan memastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali hoaks terkait bantuan, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumalah hoaks seputar bantuan tersebut, dengan begitu hoaks tersebut bisa langsung diabaikan.

Agar tidak menjadi korban, simak kumpulan hoaks seputar bantuan untuk masyarakat dalam daftar berikut ini.

Jokowi Bagikan Bantuan untuk Masyarakat 45-60 Tahun Lewat WhatsApp

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Jokowi bagikan bantuan untuk masyarakat usia 45-60 tahun dengan mendaftar lewat WhatsApp, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Mei 2024.

Klaim Presiden Jokowi bagikan bantuan untuk masyarakat usia 45-60 tahun dengan mendaftar lewat WhatsApp, menampilkan video Jokowi sedang berbicara.

Dengan transkrip berikut.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini secara resmi saya buka Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia tahun."

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Khusus untuk 45-60 tahun keatas yang belum mendapat bantuan.

"BAPAK/IBU YANG MEMILIKI REKENING BANK BCA, BNI, BRI MANDIRI DAN LAINNYA AKAN DIBERIKAN BANTUAN 2024 DARI PEMERINTAH PUSAT INDONESIA"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"HUBUNGI WHATSAPP ADMIN LANGSUNG 0852-3230-4544"

Benarkah klaim Presiden Jokowi bagikan bantuan untuk masyarakat usia 45-60 tahun dengan mendaftar lewat WhatsApp? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jusuf Hamka Bagikan Uang untuk Membangun Rumah Melalui Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Jusuf Hamka membagikan uang untuk membangun rumah melalui Facebook. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun bernama Jusuf Hamka mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Juni 2024.

Berikut isi postingannya:

"Selamat'

Uang telah datang untuk membangun rumah untuk Anda 🏠🏡 KLAIM.

Ikuti langkah dibawah ini untuk menang:

1. Ikuti halaman saya ✅

2. Bergabung kedalam grup ✅

3. Bagikan sebanyak 10 kali ✅

4. Daftar dan ambil hadiah kamu DISINI!!"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 355 ribu kali, mendapatkan 1,3 ribu komentar dan dibagikan sebanyak 85 kali.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Jusuf Hamka membagikan uang untuk membangun rumah melalui Facebook? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam berikut ini.....

3 dari 4 halaman

Bantuan Lunasi Utang Bank dan Pinjol Hanya dengan Unggah Nomor Rekening di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim bantuan melunasi utang bank dan pinjol hanya dengan mengunggah nomor rekening di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Bismillah khusus untuk membayar utang pinjol dan bank riba akan langsung bunda bantu melunasinya. Kirim nomor rekeningmu"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 318,9 ribu kali mendapat 4,1 ribu likes dan 4,7 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim bantuan melunasi utang bank dan pinjol hanya dengan mengunggah nomor rekening di Facebook? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.