Sukses

Joe Biden Jadi Sasaran Hoaks, Simak Daftarnya

Hoaks bisa menyerang siapa saja tak terkecuali Presiden AS, Joe Biden. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang siapa saja tak terkecuali Presiden AS, Joe Biden. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Lalu apa saja hoaks seputar Joe Biden? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Gambar Vladimir Putin dan Joe Biden Main Catur Jadi Sampul Majalah The Economist

Sebuah gambar Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Joe Biden sedang bermain catur menjadi sampul majalah The Economist beredar di media sosial. Gambar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 25 Mei 2024.

Gambar tersebut menampilkan Putin dan Joe Biden yang mengenakan setelan jas sedang fokus bermain catur. Sambil menundukkan kepala, kedua kepala negara itu melihat papan catur di atas meja.

Dalam gambar tersebut terdapat narasi "Nuclear war is inevitable" dan ada tulisan The Economist. Gambar itu seakan-akan merupakan sampul majalah The Economist.

Gambar yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat empat komentar dari warganet.

Benarkah gambar Putin dan Joe Biden yang sedang main catur merupakan sampul majalah The Economist? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Terbukti Perbedaan Foto Joe Biden Asli Bertato dan Palsu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto bukti perbedaan Presiden Amerika Serikat Joe Biden asli bertato dan palsu, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 November 2022.

Unggahan klaim foto bukti perbedaan Joe Biden asli bertato dan palsu tersebut menampilkan dua foto seorang lelaki berambut putih, satu foto tanpa mengenakan baju terdapat tato di lengan kirinya dan satu foto berikutnya mengenakan kemeja biru yang sedang mengangkat baju pada bagian lengan kirinya tanpa tato.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:"Bukti Tak Terelakkan Lg, bahwa Biden yg asli sudah Mati.

Biden Asli punya Tatto."

Benarkah klaim bukti foto perbedaan Joe Biden asli bertato dan palsu? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Joe Biden Disuntik Vaksin Booster Palsu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penyuntikan vaksin booster palsu pada Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 Oktober 2021.

Unggahan klaim penyuntikan vaksin booster palsu pada Joe Biden berupa tangkapan layar yang berisi tautan artikel berjudul "fake biden receives fake booster on national television" yang dimuat situs best news here.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Vaksin Presiden Biden yang Ditayangkan Media Nasional, TERBUKTI PALSU.

Dugaan kita Tidak Salah lagi. Semua Presiden telah melakukan Drama."

Benarkah klaim penyuntikan vaksin booster palsu pada Joe Biden? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini