Sukses

Foto Hoaks Terkini, dari Gurita Raksasa sampai Gedung Mukidi

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam foto hoaks yang beredar di media sosial, simak daftarnya dalam artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang beredar di media sosial disajikan dengan beragam kemasan, salah satunya dalam bentuk foto. Keberadaan informasi bohong ini tentu dapat memnyesatkan jika dipercaya.

Keberadaan foto hoaks tersebut terkadang sulit dikenali, untuk memudahkan masyarakat mendeteksi informasi palsu tersebut, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam foto hoaks yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan foto hoaks terkini.

Foto Gurita Raksasa Terdampar di Pantai Bali

 

<p>Gambar tangkapan layar foto yang diklaim seekor gurita raksasa terdampar di sebuah pantai di Bali. (sumber: Facebook)</p>

 

Sebuah foto yang diklaim seekor gurita raksasa terdampar di pantai Bali beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 9 Juni 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah tiga buah foto yang diklaim gurita raksasa terdampar di sebuah pantai. Ukuran gurita itu tampak besardan berwarna gelap. Sejumlah orang terlihat berada di sekitar gurita.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar seekor gurita raksasa yang terdampar di sebuah pantai di Bali.

"Laut Memuntakan Gurita 🐙🐙🐙 Raksasa' Di Pesisir Pantai Bali Di Sore Hari ini," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 20 kali dibagikan dan mendapat 9 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu seekor gurita raksasa terdampar di sebuah pantai di Bali? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Presiden Ukraina Zelenskyy dan Istri Berpose di Depan Tumpukan Uang

Sebuah foto yang diklaim Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan istrinya Olena Zelenska berpose di depan tumpukan uang beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh salah satu akun X pada 8 Juni 2024.

Dalam foto tersebut terlihat Zelenskyy dan istri berpose di depan meja berisi tumpukan uang dollar Amerika Serikat.

"Can you think of any country that is more corrupt than Ukraine?" tulis salah satu akun X pada 8 Juni 2024.

Konten yang disebarkan akun Twitter tersebut telah beberapa kali direspons oleh warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Olena Zelenska berpose di depan tumpukan uang? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

 

3 dari 4 halaman

Foto Gedung dengan Tulisan Mukidi Korporation

Beredar di media sosial postingan foto gedung dengan tulisan Mukidi Korporation. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 April 2024.

Di dalam postingannya terdapat foto gedung berpilar dengan tulisan Mukidi Korporation.

Akun itu menambahkan narasi "Mukidi Kentut"

Lalu benarkah postingan foto gedung dengan tulisan Mukidi Korporation? Simak hasil penelusurannya di sini.....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini