Sukses

6 Hoaks Terkini, Simak Biar Tak Terpengaruh

Hoaks harus dihindari sebab dapat memberikan dampak negatif jika mempercayainya, sebab itu keberadaannya harus diwaspadai agar kita tidak terpengaruh.

Liputan6.com, Jakarta- Di tengah perkembangan era digital saat ini, informasi dapat menyebar dengan sangat cepat. Sayangnya, tidak semua kabar yang beredar adalah benar. Hoaks sering kali muncul dan menimbulkan kebingungan serta ketakutan di kalangan masyarakat.

Hoaks harus dihindari sebab dapat memberikan dampak negatif jika mempercayainya, sebab itu keberadaannya harus diwaspadai agar kita tidak terpengaruh.

Untuk menghindari hoaks, simak kumpulannya dalam artikel berikut ini.

1. Video Rumah Baru Ketua MK Suhartoyo Ambruk

Beredar di media sosial postingan video yang menyebut rumah baru Ketua MK Suhartoyo ambruk. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat video dua rumah yang ambruk karena tanah di bawahnya mengalami longsor. Video itu disertai foto Suhartoyo dengan narasi "Ini Master Kemunafikan, kirain Malaikat"

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Rumah baru ketua MK Suhartoyo ambrukkk..."

Lalu benarkah postingan video yang menyebut rumah baru Ketua MK Suhartoyo ambruk? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

2. Foto Gurita Raksasa Terdampar di Pantai Bali

 

<p>Gambar tangkapan layar foto yang diklaim seekor gurita raksasa terdampar di sebuah pantai di Bali. (sumber: Facebook)</p>

 

Sebuah foto yang diklaim seekor gurita raksasa terdampar di pantai Bali beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 9 Juni 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah tiga buah foto yang diklaim gurita raksasa terdampar di sebuah pantai. Ukuran gurita itu tampak besardan berwarna gelap. Sejumlah orang terlihat berada di sekitar gurita.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar seekor gurita raksasa yang terdampar di sebuah pantai di Bali.

"Laut Memuntakan Gurita 🐙🐙🐙 Raksasa' Di Pesisir Pantai Bali Di Sore Hari ini," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 20 kali dibagikan dan mendapat 9 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu seekor gurita raksasa terdampar di sebuah pantai di Bali? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

3. Gambar Vladimir Putin dan Joe Biden Main Catur Jadi Sampul Majalah The Economist

Sebuah gambar Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Joe Biden sedang bermain catur menjadi sampul majalah The Economist beredar di media sosial. Gambar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 25 Mei 2024.

Gambar tersebut menampilkan Putin dan Joe Biden yang mengenakan setelan jas sedang fokus bermain catur. Sambil menundukkan kepala, kedua kepala negara itu melihat papan catur di atas meja.

Dalam gambar tersebut terdapat narasi "Nuclear war is inevitable" dan ada tulisan The Economist. Gambar itu seakan-akan merupakan sampul majalah The Economist.

Gambar yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat empat komentar dari warganet.

Benarkah gambar Putin dan Joe Biden yang sedang main catur merupakan sampul majalah The Economist? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Uztaz Dennis Lim Promosikan Website Judi

Beredar di media sosial postingan uztaz Dennis Lim mempromosikan website judi. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 20 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul:

"Koh Dennis Lim: Jangan Putus Asa Untuk Pecandu Judi, Saya Sarankan Bermain di Situs A200M Untuk Mendapatkan Berkah dari Saya"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 521 ribu kali mendapat 997 komentar dan 2,9 ribu kali likes.

Lalu benarkah postingan uztaz Dennis Lim mempromosikan website judi? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

5. Shah Rukh Khan Meninggal Dunia pada 15 Juni 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim aktor bollywood Shah Rukh Khan meninggal dunia pada 15 Juni 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook.

Klaim Shah Rukh Khan meninggal dunia pada 15 Juni 2024 berupa tulisan sebagai berikut.

"Innalillahi Wa'inaillahi roji'un selamat jalan shahrukhan, artis idola kita jaman dlu telah berpulang smoga Amal ibadah nya di trima, begini lah video2 detik2 saat shahrukhan meninggal 😭😭 yg ga tega jgn nnton

https://tinyurl.com/Video-shahrukhan-m3ninggal

 https://tinyurl.com/Video-shahrukhan-m3ninggal"

Tulisan tersebut disertai dengan tangkapan layar yang menampilkan cuplikan foto Shah Rukh Khan dan tulisan sebagai berikut.

"RIP selamat jalan artis Bollywood Shahrukh Khan semoga amal ibadah di terima tuhan yang maha esa."

Selain itu juga terspat tulisan "PROSES PEMAKAMAN Shah Rukh Khan".

Benarkah Klaim Shah Rukh Khan meninggal dunia pada 15 Juni 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

6. Program Undian Berhadiah dari BRI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim program undian berhadiah dari BRI, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juni 2024.

Klaim program undian berhadiah dari BRI berupa tulisan sebagai berikut.

"*𝙋𝙍𝙊𝙂𝙍𝘼𝙈 𝘽𝘼𝙉𝙆 𝘽𝙍𝙄 2024* 𝙆𝙝𝙪𝙨𝙪𝙨 𝙎𝙚𝙡𝙪𝙧𝙪𝙝 𝙉𝙖𝙨𝙖𝙗𝙖𝙝 𝘽𝘼𝙉𝙆 𝘽𝙍𝙄 𝙔𝙖𝙣𝙜 𝙎𝙪𝙙𝙖𝙝 𝙈𝙚𝙣𝙜𝙜𝙪𝙣𝙖𝙠𝙖𝙣 *𝘽𝙍𝙄𝙢𝙤 𝙈𝙊𝘽𝙄𝙇𝙀 𝘽𝘼𝙉𝙆𝙄𝙉𝙂*

𝙐𝙉𝘿𝙄𝘼𝙉 𝘽𝘼𝙉𝙆 𝘽𝙍𝙄 (𝙋𝙍𝙊𝙈𝙊 𝙋𝙊𝙄𝙉 𝙏𝙍𝘼𝙉𝙎𝘼𝙆𝙎𝙄)𝘽𝙚𝙧𝙝𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝘽𝙍𝙄𝙢𝙤 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡𝙚#

𝙃𝙖𝙙𝙞𝙧 𝙡𝙖𝙜𝙞, 𝘼𝙮𝙤 𝙗𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝘿𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙖𝙜𝙖𝙧 𝙢𝙚𝙢𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜𝙠𝙖𝙣 𝙂𝙧𝙖𝙣𝙙 𝙋𝙧𝙞𝙯𝙚 𝙎𝙚𝙥𝙚𝙧𝙩𝙞 : *𝙂𝙧𝙖𝙣𝙙 𝙋𝙧𝙞𝙯𝙚 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡*

-10 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙢𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘼𝙡𝙥𝙝𝙖𝙧𝙙

-10 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙢𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘾𝙍-𝙑 𝙏𝙪𝙧𝙗𝙤

-10 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙢𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙃𝙍-𝙑 𝘾𝙑𝙏

-10 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙢𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙓𝙥𝙖𝙣𝙙𝙚𝙧

-10 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙢𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙁𝙤𝙧𝙩𝙪𝙣𝙚𝙧

-10 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙢𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘽𝙍-𝙑

-10 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙢𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘽𝙧𝙞𝙤

-10 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘽𝙈𝙒.

- 20 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙩𝙤𝙧 𝙎𝙘𝙤𝙥𝙮

- 15 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙩𝙤𝙧 𝙓𝙢𝙖𝙭

- 30 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙏𝙑 𝙇𝙚𝙙 50 𝙞𝙣.

- 33 𝙪𝙣𝙞𝙩 𝙎𝙢𝙖𝙧𝙩𝙥𝙝𝙤𝙣𝙚 𝙥𝙧𝙤𝙢𝙖𝙭14

- 100𝙚𝙢𝙖𝙨 𝙗𝙖𝙩𝙖𝙣𝙜𝙖𝙣 & 𝙇𝙤𝙜𝙖𝙢 𝙢𝙪𝙡𝙞𝙖.

- 20 𝙋𝙖𝙠𝙚𝙩 𝙒𝙞𝙨𝙖𝙩𝙖 𝙨𝙞𝙣𝙜𝙜𝙖𝙥𝙤𝙧𝙚

- 20 𝙋𝙖𝙠𝙚𝙩 𝙐𝙢𝙧𝙤𝙝 𝙂𝙧𝙖𝙩𝙞𝙨

(𝙂𝙀𝘽𝙔𝘼𝙍 𝙐𝙉𝘿𝙄𝘼𝙉 𝘽𝙀𝙍𝙃𝘼𝘿𝙄𝘼𝙃 𝘽𝘼𝙉𝙆 𝘽𝙍𝙄) 𝙨𝙞𝙡𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙠𝙡𝙞𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙪 (𝘿𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧) 𝙔𝙖𝙣𝙜 𝙠𝙖𝙢𝙞 𝙩𝙚𝙡𝙖𝙝 𝙨𝙚𝙙𝙞𝙖𝙝𝙠𝙖𝙣𝘽𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝘿𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙎𝙚𝙠𝙖𝙧𝙖𝙣𝙜 (𝙂𝙍𝘼𝙏𝙄𝙎)"

Tulisan tersebut disertai dengan tautan "https://aktivasisekarang.web.app/?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR2friQSytvMJbgWsEdodU4cHiCcfWNllaSF7QfK3my0XUjY7Mi-ymCtBVM_aem_ZmFrZWR1bW15MTZieXRlcw" yang mengarahkan pada halaman situs pendaftaran promo berhadiah.

Halam situs tersebut meminta identitas diri, sepertinama lengkap, 16 digit nomor kartu, masa berlaku kartu, 3 digit angka di balik katu ATM, sisal saldo terakhir dan nomor handphone.

Benarkah klaim program undian berhadiah dari BRI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini