Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Kota di Balik Tembok Es Antartika

Beredar foto yang diklaim terdapat sebuah kota di balik tembok es Antartika. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim terdapat kota di balik tembok es Antartika beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 9 April 2024.

Dalam foto terlihat beberapa bangunan berbentuk bulat berdiri di sebelah jajaran tembok es. Selain bangunan, terdapat juga kawasan hutan dan danau. Foto itu kemudian dikaitkan dengan adanya sebuah kota di balik tembok es Antartika.

"I managed to get my hands on this leaked photo showing a city on the other side of the ice at Antarctica. This and many other lands exist and they keep all info about these places from us. Why?" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 24 kali respons dan mendapat 26 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan kota di balik tembok es Antartika? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim terdapat sebuah kota di balik tembok es Antartika. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situ Google Images. Namun tidak ditemukan gambar identik.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunggah foto yang diklaim kota di balik tembok es Antartika ke situs aiornot.com. Situs tersebut bisa mengidentifikasi sebuah gambar apakah hasil rekayasa atau asli.

Hasilnya, foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital dengan menggunakan perangkat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar tangkapan layar penelusuran foto menggunakan situs aiornot.com.</p>

Dikutip dari artikel berjudul "Fact Check: Inauthentic Photo Does NOT Show Real 'Ice Wall' In Antarctica Or Actual City Beyond It" yang dimuat leadstories.com, seorang profesor di Universitas Washington, Thomas Grenfell turut menanggapi foto tersebut.

Grenfell yang juga peneliti di bidang es dan laut Antartika mengatakan bahwa postingan foto adanya kota di balik tembok Antartika merupakan sebuah tipuan atau rekayasa.

"Antartika telah dipetakan secara menyeluruh melalui kerja sama internasional dan disurvei secara teratur oleh satelit. Kota atau tembok mana pun pasti sudah terdeteksi sejak lama. AI dapat dengan mudah memberikan gambaran indah tentang apa pun yang Anda bayangkan," kata Grenfell.

 

Referensi:

https://leadstories.com/hoax-alert/2024/06/fact-check-inauthentic-photo-does-not-show-ice-wall-in-antarctica-city-beyond-it.html

https://www.aiornot.com/dashboard/home

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim terdapat sebuah kota di balik tembok es Antartika ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital menggunakan perangkat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.