Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto ini Presiden China Xi Jinping Kena Stroke

Beredar foto yang diklaim Presiden China, Xi Jinping terkena serangan stroke. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Presiden China, Xi Jinping terkena serangan stroke beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Juli 2024.

Dalam foto tersebut, Xi Jinping terlihat sedang duduk mengenakan setelan jas berwarna hitam. Ia tampak mengernyitkan dahi seperti sedang menahan sakit. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Xi Jinping mengalami serangan stroke.

"This is a photo of China's president Xi as he suffered a "massive" stroke during the Third Plenary Session of the Chinese Communist Party. Xi Jinping is now in "critical condition".

I always liked Xi - as dictators go - so I wish him well and a speedy recovery," tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden China Xi Jinping terkena serangan stroke? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Presiden China, Xi Jinping terkena serangan stroke. Hasil penelusuran mengarah ke situs associated press (ap). Situs newsroom.ap.org menampilkan foto identik, Xi Jinping terlihat mengenakan setelan jas berwarna hitam sambil mengernyitkan dahi.

Foto tersebut diunggah pada 15 Maret 2024 dan diberi judul "Pictures of the Week Asia Photo Gallery". Foto tersebut diberi narasi sebagai berikut.

"Chinese President Xi Jinping, rear, reacts after drinking from a cup at the closing session of the National People's Congress held at the Great Hall of the People in Beijing, Monday, March 11, 2024. (AP Photo)"

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar tangkapan layar artikel dari situs newsroom.ap.org.</p>

Penelusuran juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci "Xi Jinping strokes" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah foto Xi Jinping terkena serangan stroke.

Satu di antaranya artikel berjudul "Fact Check: Months-old photos of China’s Xi Jinping shared in July 2024" yang dimuat situs reuters.com pada 18 Juli 2024.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto yang diklaim Presiden China Xi Jinping terkena stroke diambil saat Kongres Rakyat Nasional di Beijing, China yang digelar pada Maret 2024 lalu.

Sementara, pihak Kedutaan Besar Tiongkok di Washington tidak memberikan komentar mengenai kabar Xi Jinping terkena stroke.

 

Referensi:

https://newsroom.ap.org/editorial-photos-videos/detail?itemid=5b845a02ad7d475a9d0681d9c280858d&mediatype=photo

https://www.reuters.com/fact-check/months-old-photos-chinas-xi-jinping-shared-july-2024-2024-07-18/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Presiden China, Xi Jinping terkena serangan stroke ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut diambil saat Xi Jinping menghadiri acara Kongres Rakyat Nasional di Beijing, China. Dalam foto itu, Xi Jinping terlihat mengernyitkan dahi usai minum dari sebuah cangkir. Tidak ada informasi valid yang mendukung klaim bahwa Xi Jinping mengalami serangan stroke.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.