Sukses

Deretan Hoaks Seputar Kondisi Kesehatan Presiden, dari Xi Jinping sampai Joe Biden

Hoaks bisa menimbulkan kesalahpahaman jika dipercaya, sebab itu kita perlu berhati-hati ketika mendapati informasi. Agar tidak terpapar hoaks, simak daftarnya dalam artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Presiden merupakan salah satu pejabat negara yang menjadi sasaran hoaks, isu yang dikaitkan pun beragam salah satunya adalah tentang kondisi kesehatan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap hoaks seputar kondisi kesehatan sejumlah presiden, informasi bohong ini bisa menimbulkan kesalahpahaman jika dipercaya.

Agar tidak menjadi korban hoaks, simak kumpulan hoaks seputar kondisi kesehatan presiden berikut ini.

Foto Presiden China Xi Jinping Kena Stroke

<p>Gambar tangkapan layar foto yang diklaim Presiden China, Xi Jinping terkena serangan stroke. (Facebook)</p>

Sebuah foto yang diklaim Presiden China, Xi Jinping terkena serangan stroke beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Juli 2024.

Dalam foto tersebut, Xi Jinping terlihat sedang duduk mengenakan setelan jas berwarna hitam. Ia tampak mengernyitkan dahi seperti sedang menahan sakit. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Xi Jinping mengalami serangan stroke.

"This is a photo of China's president Xi as he suffered a "massive" stroke during the Third Plenary Session of the Chinese Communist Party. Xi Jinping is now in "critical condition".

I always liked Xi - as dictators go - so I wish him well and a speedy recovery," tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden China Xi Jinping terkena serangan stroke? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Joe Biden Mundur sebagai Presiden Amerika Serikat dengan Alasan Kesehatan

Salah satu akun Facebook mengunggah sebuah tangkapan layar dengan klaim Joe Biden memutuskan mundur sebagai presiden terpilih Amerika Serikat.

Dalam tangkapan layar itu diklaim sebagai sebuah artikel dari FOX Atlanta dengan judul: "President Elect Biden steps down as President Elect".

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi: "Presiden Terpilih Joe Biden mundur sebagai Presiden Terpilih".

Dalam narasi, seperti diklaim, dijelaskan kalau Joe Biden memilih mundur setelah berkonsultasi dengan keluarga dan tim hukumnya karena masalah kesehatan yang tidak bisa ditentukan.

Lalu, benarkah klaim Joe Biden mundur sebagai Presiden AS terpilih karena masalah kesehatan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini