Sukses

6 Hoaks Terkini, Simak Daftarnya Biar Tak Jadi Korban

Cek Fakta Liputan6.com telah mengunkap beragam hoaks yang beredar di media sosial yang beredar dalam sepekan, apa saja ragamnya? Simak daftarnya dalam artikel berukut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Di era digital yang serba cepat ini, informasi dapat tersebar dengan sangat mudah melalui berbagai platform media sosial dan aplikasi pesan instan. Sayangnya, banyak di antaranya adalah hoaks.

Dalam sepekan terakhir, beberapa hoaks telah beredar dan menimbulkan kebingungan di kalangan masyarakat. Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengunkap beragam hoaks yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks yang beredar di medai sosial dalam sepekan.

 

1. Argentina Keluarkan Mata Uang Bergambar Lionel Messi dan Timnasnya

Penelusuran klaim Argentikan keluarkan mata uang bergambar Lionel Messi dan Timnasnya.

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Argentina keluarkan mata uang bergambar Lionel Messi dan Timnas Argentina, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Juli 2024.

klaim Argentina keluarkan mata uang bergambar Lionel Messi dan Timnas  Argentina menampilkan gambar dengan menampilkan wajah mesi dan nominal 1.000, selain itu juga ada gambar sekelompok orang sedang berpose satu di antaranya memegang piala.

Gambar tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Argentina Mengeluarkan Mata Unag pertama dengan gambar Leo Messi dan Timnas Argentina Kertas fisik ini adalah yang termahal dalam sejarah America Latin".

Benarkah klaim Argentina keluarkan mata uang bergambar Lionel Messi dan Timnas Argentina? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

2. Foto Ikan Mutan Ditemukan Nelayan di India

 

<p>Gambar tangkapan layar foto yang diklaim ikan mutan ditemukan nelayan di India. (sumber: Facebook)</p>

Sebuah foto yang diklaim ikan mutan ditemukan nelayan di India beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 April 2024.

Dalam foto tersebut terlihat seorang pria berpose dengan ikan hasil tangkapannya di pinggir sungai. Namun, penampakan ikan tersebut terlihat aneh dan memiliki gigi taring yang cukup panjang. Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa penemuan ikan mutan oleh seorang nelayan di India.

"A mutant fish that resembles a cross between a tiger and a fish is caught by Indian fishermen," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 197 kali direspons dan mendapat 36 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu merupakan ikan mutan yang ditemukan seorang nelayan di India? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

3. Pemerintah akan Berikan Tunjangan Pengangguran Sesuai Ijazah Terakhir Sekolah

Beredar di media sosial postingan pesan berantai yang menyebut pemerintah akan memberikan tunjangan langsung sesuai ijazah terakhir sekolah. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 22 Februari 2017.

Berikut isi pesan berantainya:

"Alhamdulillah .Pemerintah akhirnya menyetujui untuk memberikan tunjangan langsung bagi para pengangguran di Indonesia sesuai dengan Ijazah terakhir sekolahnya, yaitu :

1. Ijazah SD = Rp. 750.000,

-2. Ijazah SMP = Rp. 1.250.000,

-3. Ijazah SMA = Rp. 1.750.000,

-4. Ijazah D4/D3 = Rp. 2.000.000,

-5. Ijazah S1 = Rp. 2.500.000,-

Pemberian Tunjangan tersebut akan dilaksanakan pada awal bulan Maret 2017 dan berlaku setiap 3 bulan sekali.

Tunjangan tersebut merupakan hasil kerjasama bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang, dengan persyaratan sbb :

1. Ijazah Pendidikan terakhir.

2. E KTP asli

.3. KK asli.

4. Surat Keterangan Kesehatan.

5. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian.

6. Surat Pengantar dari Kelurahan.

Sesuai komitmen dengan pemerintah Jepang, sumbangan tersebut akan diserahkan dalam bentuk mata uang YEN.

Dengan persyaratan yang diajukan oleh pemerintahan Jepang, yaitu :

A. YEN ono duwite.

B. YEN Presiden ne bapakmu

C. YEN Wakil Presiden ne Pakdemu.

D. YEN Menteri Keuangan ne kang masmu.

E. YEN sing nduwe negoro iki mbahmu.

YEN sing moco serius banget berarti ngarep-arep...wkwkwkkkYEN pingin gaji yo kerjo o rek ekwkwkwkkw"

Lalu benarkah postingan pesan berantai yang menyebut pemerintah akan memberikan tunjangan langsung sesuai ijazah terakhir sekolah? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.......

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Foto Manusia Raksasa Berleher Panjang

 

<p>Gambar tangkapan layar foto yang diklaim sebagai manusia raksasa berleher panjang. (sumber: Facebook)</p>

Sebuah foto yang diklaim sebagai manusia raksasa berleher panjang beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facbook pada 16 Juli 2024.

Akun tersebut mengunggah beberapa foto. Pada foto pertama menampilkan tiga pria tengah berpose bersama seorang wanita tinggi besar dengan leher panjang.

Foto selanjutnya juga memperlihatkan seorang wanita bertubuh tinggi dengan leher panjang mengenakan gaun berwarna putih. Foto tersebut kemudian dikaitkan sebagai manusia raksasa berleher panjang.

"Manusia raksasa leher panjang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook telah beberapa kali direspons oleh warganet.

Benarkah dalam foto tersebut ada manusia raksasa dengan leher panjang? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.......

 

5. Undian Berhadiah Tabungan Bank BJB

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim undian berhadiah tabungan dari Bank BJB, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2024.

klaim undian tabungan dari Bank BJB berupa tulisan sebagai berikut.

"𝗞𝗵𝘂𝘀𝘂𝘀 𝗡𝗮𝘀𝗮𝗯𝗮𝗵 𝗕𝗮𝗻𝗸 𝗕𝗝𝗕 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗧𝗲𝗿𝗱𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹𝗲 𝗕𝗮𝗻𝗸𝗶𝗻𝗴/𝗦𝗠𝗦 𝗕𝗮𝗻𝗸𝗶𝗻𝗴

𝗨𝗡𝗗𝗜𝗔𝗡 𝗧𝗔𝗕𝗨𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗕𝗔𝗡𝗞 𝗕𝗝𝗕

𝗕𝗲𝗿𝗵𝗮𝗱𝗶𝗮𝗵 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗕𝗮𝗻𝗸 𝗕𝗝𝗕#𝗛𝗮𝗱𝗶𝗿 𝗹𝗮𝗴𝗶, 𝗔𝘆𝗼 𝗯𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗗𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿 𝗮𝗴𝗮𝗿 𝗺𝗲𝗻𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮𝗻 𝗚𝗿𝗮𝗻𝗱 𝗣𝗿𝗶𝘇𝗲 𝗦𝗲𝗽𝗲𝗿𝘁𝗶 :

- 𝗚𝗿𝗮𝗻𝗱 𝗣𝗿𝗶𝘇𝗲 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗦𝗽𝗿𝗼𝘁

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗔𝗹𝗽𝗵𝗮𝗿𝗱

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗖𝗥-𝗩 𝗧𝘂𝗿𝗯𝗼

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗛𝗥-𝗩 𝗖𝗩𝗧

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗫𝗽𝗮𝗻𝗱𝗲𝗿

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗙𝗼𝗿𝘁𝘂𝗻𝗲𝗿

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗕𝗥-𝗩

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗕𝗿𝗶𝗼

𝗠𝗮𝘀𝗶𝗵 𝗯𝗮𝗻𝘆𝗮𝗸 𝗸𝗲𝘂𝗻𝘁𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗹𝗮𝗶𝗻𝗻𝘆𝗮... 𝗜𝗻𝗳𝗼 𝗹𝗲𝗯𝗶𝗵 𝗹𝗮𝗻𝗷𝘂𝘁 𝘁𝗲𝗻𝘁𝗮𝗻𝗴 𝗽𝗲𝗻𝗱𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿𝗮𝗻 (𝗨𝗡𝗗𝗜𝗔𝗡 𝗧𝗔𝗕𝗨𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗕𝗔𝗡𝗞 𝗕𝗝𝗕 ) 𝘀𝗶𝗹𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗸𝗹𝗶𝗸 𝗺𝗲𝗻𝘂 (𝗗𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿) 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗸𝗮𝗺𝗶 𝘁𝗲𝗹𝗮𝗵 𝘀𝗲𝗱𝗶𝗮𝗵𝗸𝗮𝗻.."

Tulisan tersebut disertai dengan formulir online yang meminta data pribadi seperti nomor handphone, nomor kartu ATM, tanggal kadaluarsa ATM dengan mengakses tautan berikut.

"https://infobjb5.bubbleapps.io/1?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR0rXt2JCr08GFmF-n5aAv-EObHPvECWXNft1HOuVT56Z08UGyDVuaNHU9Y_aem_qYgCTAOV20m-ytoVqkkzBA"

Benarkah klaim undian berhadiah tabungan dari Bank BJB? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

6. Foto Presiden China Xi Jinping Kena Stroke

 

<p>Gambar tangkapan layar foto yang diklaim Presiden China, Xi Jinping terkena serangan stroke. (Facebook)</p>

Sebuah foto yang diklaim Presiden China, Xi Jinping terkena serangan stroke beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Juli 2024.

Dalam foto tersebut, Xi Jinping terlihat sedang duduk mengenakan setelan jas berwarna hitam. Ia tampak mengernyitkan dahi seperti sedang menahan sakit. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Xi Jinping mengalami serangan stroke.

"This is a photo of China's president Xi as he suffered a "massive" stroke during the Third Plenary Session of the Chinese Communist Party. Xi Jinping is now in "critical condition".

I always liked Xi - as dictators go - so I wish him well and a speedy recovery," tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden China Xi Jinping terkena serangan stroke? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.