Sukses

Deretan Foto Hoaks Terbaru, Simak Daftarnya

Hoaks bisa muncul dalam beragam konten salah satunya yang berbentuk foto. Hoaks ini beredar melalui beragam tema dan tersebar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa muncul dalam beragam konten salah satunya yang berbentuk foto. Hoaks ini beredar melalui beragam tema dan tersebar di media sosial.

Lalu apa saja foto hoaks terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Foto Kamala Harris Bersama Jeffrey Epstein di Pantai

Sebuah foto yang diklaim Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris berpose bersama terpidana pelaku kejahatan seksual, mendiang Jeffrey Epstein di pantai beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 25 Juli 2024.

Foto tersebut memperlihatkan Jeffrey Epstein sedang memeluk Kamala yang mengenakan bikini. Lokasi foto tampak berada di sebuah pantai.

"Jeffrey Epstein and Kamala Harris.Look quickly before democratically owned facebook fake news lying fact checkers remove this and claim it’s false," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah empat kali dibagikan dan mendapat beberapa komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Kamala Harris sedang berpose bersama mendiang Jeffrey Epstein? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Foto Ikan Mutan Ditemukan Nelayan di India

Sebuah foto yang diklaim ikan mutan ditemukan nelayan di India beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 April 2024.

Dalam foto tersebut terlihat seorang pria berpose dengan ikan hasil tangkapannya di pinggir sungai. Namun, penampakan ikan tersebut terlihat aneh dan memiliki gigi taring yang cukup panjang. Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa penemuan ikan mutan oleh seorang nelayan di India.

"A mutant fish that resembles a cross between a tiger and a fish is caught by Indian fishermen," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 197 kali direspons dan mendapat 36 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu merupakan ikan mutan yang ditemukan seorang nelayan di India? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Foto Manusia Raksasa Berleher Panjang

Sebuah foto yang diklaim sebagai manusia raksasa berleher panjang beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facbook pada 16 Juli 2024.

Akun tersebut mengunggah beberapa foto. Pada foto pertama menampilkan tiga pria tengah berpose bersama seorang wanita tinggi besar dengan leher panjang.

Foto selanjutnya juga memperlihatkan seorang wanita bertubuh tinggi dengan leher panjang mengenakan gaun berwarna putih. Foto tersebut kemudian dikaitkan sebagai manusia raksasa berleher panjang.

"Manusia raksasa leher panjang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook telah beberapa kali direspons oleh warganet.

Benarkah dalam foto tersebut ada manusia raksasa dengan leher panjang? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.