Sukses

Bank BJB Jadi Bahan Hoaks, Waspada Undian Berhadiah Modus Kejahatan Siber

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam hoaks undian berhadiah dengan mencatut Bank BJB, apa saja ragamnya? Simak kumpulannya dalam artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Bank BJB kerap dicatut untuk bahan hoaks, di antaranya adalah menyelenggarakan program undian berhadia dan yang lebih parah lagi informasi tersebut merupakan modus kejahatan siber.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks undian berhadiah dengan mencatut Bank BJB, informasi palsu tersebut harus diwaspadai sebab dapat merugikan.

Berikut kumpulan hoaks undian berhadiah yang mencatut Bank BJB.

Pendaftaran Undian Berhadiah Bank BJB 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendafataran undian berhadiah Bank BJB 2024, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 32 Juli 2024.

Klaim pendafataran undian berhadiah Bank BJB 2024 berupa tulisan sebagai berikut:

"𝙆𝙝𝙪𝙨𝙪𝙨 𝙐𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙉𝙖𝙨𝙖𝙗𝙖𝙝 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝘽𝙅𝘽 𝙔𝙖𝙣𝙜 𝙎𝙪𝙙𝙖𝙝 𝙈𝙚𝙣𝙜𝙜𝙪𝙣𝙖𝙠𝙖𝙣 ,/𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡𝙚 𝘽𝙖𝙣𝙠𝙞𝙣𝙜/𝙎𝙈𝙎 𝘽𝙖𝙣𝙠𝙞𝙣𝙜,

𝙔𝙖𝙣𝙜 𝘼𝙠𝙖𝙣 𝘿𝙞𝙪𝙣𝙙𝙞 𝘿𝙞 𝙎𝙚𝙡𝙪𝙧𝙪𝙝 𝙅𝙖𝙬𝙖 𝘽𝙖𝙧𝙖𝙩,𝘽𝙖𝙣𝙩𝙚𝙣 2024

𝙋𝙧𝙤𝙜𝙧𝙖𝙢 𝙂𝙧𝙚𝙣𝙙 𝙋𝙧𝙞𝙯𝙚 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝘽𝙅𝘽,𝘽𝙚𝙧𝙝𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙧 𝙇𝙖𝙜𝙞,𝘼𝙮𝙤 𝘽𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝘿𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙈𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜𝙠𝙖𝙣 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙉𝙮𝙖 𝙐𝙩𝙖𝙢𝙖 𝙣𝙮𝙖

-1: 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙋𝙖𝙟𝙚𝙧𝙤 𝙎𝙥𝙤𝙧𝙩

-1 : 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡𝙚 𝘽𝙧𝙞𝙤 𝙎𝙖𝙩𝙮𝙖

-1 : 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡𝙚 𝙏𝙤𝙮𝙤𝙩𝙖 𝙁𝙤𝙧𝙩𝙪𝙣𝙚𝙧

30: 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙂𝙪𝙣𝙪𝙣𝙜

-54:𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙎𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙢𝙤𝙩𝙤𝙧

10: 𝘽𝙖𝙩𝙖𝙣𝙜 𝙀𝙢𝙖𝙨

-3: 𝙥𝙖𝙠𝙚𝙩 𝙪𝙢𝙧𝙤𝙝 𝙜𝙧𝙖𝙩𝙞𝙨

-10 : 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙏𝙑 𝙇𝙚𝙙

-15 : 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙇𝙚𝙥𝙩𝙤𝙥

-15: 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙇𝙚𝙢𝙖𝙧𝙞 𝙚𝙨

-20 : 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙎𝙥𝙚𝙘𝙠𝙚𝙧 𝙋𝙧𝙤𝙡𝙮𝙩𝙧𝙤𝙣

𝙈𝙖𝙨𝙞𝙝 𝘽𝙖𝙣𝙮𝙖𝙠 𝙆𝙚𝙪𝙣𝙩𝙪𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙇𝙖𝙞𝙣𝙣𝙮𝙖... 𝙄𝙣𝙛𝙤 𝙇𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙇𝙖𝙣𝙟𝙪𝙩 𝙏𝙚𝙣𝙩𝙖𝙣𝙜 𝙋𝙚𝙣𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧𝙖𝙣 ( 𝙂𝙧𝙖𝙣𝙙 𝙋𝙧𝙞𝙯𝙚 𝙐𝙣𝙙𝙞𝙖𝙣 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝘽𝙅𝘽 ) 𝙎𝙞𝙡𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙆𝙡𝙞𝙠 𝙈𝙚𝙣𝙪 (𝘿𝘼𝙁𝙏𝘼𝙍) 𝙔𝙖𝙣𝙜 𝙏𝙚𝙡𝙖𝙝 𝙆𝙖𝙢𝙞 𝙎𝙚𝙙𝙞𝙖𝙝𝙠𝙖𝙣."

Tulisan tersebut dicantumak grafis bergambar kendaraan, smartphone dan emas disertai dengan tulisan "PROMO UNDIAN BERHADIAH BANK BJB 2024".

Dalam tulisan tersebut juga disertai tautan "https://new-z.choreodevff-bjb.sbs/Cetak-kupon-berhadiah2024/?fbclid=IwY2xjawEZFTpleHRuA2FlbQIxMQABHcExxxD14khVC1GN6fRzoHcXIDMvyPzdxMbIgK7rVzctH-qDZhNMx3ZpCw_aem_RrEsmaXw9JQVOT8dTFQFWg".

Jika diklik mengarah pada halaman situs yang diklaim sebagai formulir pendaftaran digital dan meminta berbagai data identitas seperti nomor handphone, nama lengkap, nomor kartu ATM dan tanggal kadaluarsa.

Benarkah klaim pendafataran undian berhadiah Bank BJB 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Undian Berhadiah Tabungan Bank BJB

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim undian berhadiah tabungan dari Bank BJB, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2024.

klaim undian tabungan dari Bank BJB berupa tulisan sebagai berikut.

"𝗞𝗵𝘂𝘀𝘂𝘀 𝗡𝗮𝘀𝗮𝗯𝗮𝗵 𝗕𝗮𝗻𝗸 𝗕𝗝𝗕 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗧𝗲𝗿𝗱𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹𝗲 𝗕𝗮𝗻𝗸𝗶𝗻𝗴/𝗦𝗠𝗦 𝗕𝗮𝗻𝗸𝗶𝗻𝗴

𝗨𝗡𝗗𝗜𝗔𝗡 𝗧𝗔𝗕𝗨𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗕𝗔𝗡𝗞 𝗕𝗝𝗕

𝗕𝗲𝗿𝗵𝗮𝗱𝗶𝗮𝗵 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗕𝗮𝗻𝗸 𝗕𝗝𝗕#𝗛𝗮𝗱𝗶𝗿 𝗹𝗮𝗴𝗶, 𝗔𝘆𝗼 𝗯𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗗𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿 𝗮𝗴𝗮𝗿 𝗺𝗲𝗻𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮𝗻 𝗚𝗿𝗮𝗻𝗱 𝗣𝗿𝗶𝘇𝗲 𝗦𝗲𝗽𝗲𝗿𝘁𝗶 :

- 𝗚𝗿𝗮𝗻𝗱 𝗣𝗿𝗶𝘇𝗲 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗦𝗽𝗿𝗼𝘁

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗔𝗹𝗽𝗵𝗮𝗿𝗱

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗖𝗥-𝗩 𝗧𝘂𝗿𝗯𝗼

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗛𝗥-𝗩 𝗖𝗩𝗧

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗫𝗽𝗮𝗻𝗱𝗲𝗿

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗙𝗼𝗿𝘁𝘂𝗻𝗲𝗿

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗕𝗥-𝗩

- 𝟭 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗕𝗿𝗶𝗼

𝗠𝗮𝘀𝗶𝗵 𝗯𝗮𝗻𝘆𝗮𝗸 𝗸𝗲𝘂𝗻𝘁𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗹𝗮𝗶𝗻𝗻𝘆𝗮... 𝗜𝗻𝗳𝗼 𝗹𝗲𝗯𝗶𝗵 𝗹𝗮𝗻𝗷𝘂𝘁 𝘁𝗲𝗻𝘁𝗮𝗻𝗴 𝗽𝗲𝗻𝗱𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿𝗮𝗻 (𝗨𝗡𝗗𝗜𝗔𝗡 𝗧𝗔𝗕𝗨𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗕𝗔𝗡𝗞 𝗕𝗝𝗕 ) 𝘀𝗶𝗹𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗸𝗹𝗶𝗸 𝗺𝗲𝗻𝘂 (𝗗𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿) 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗸𝗮𝗺𝗶 𝘁𝗲𝗹𝗮𝗵 𝘀𝗲𝗱𝗶𝗮𝗵𝗸𝗮𝗻.."

Tulisan tersebut disertai dengan formulir online yang meminta data pribadi seperti nomor handphone, nomor kartu ATM, tanggal kadaluarsa ATM dengan mengakses tautan berikut.

"https://infobjb5.bubbleapps.io/1?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR0rXt2JCr08GFmF-n5aAv-EObHPvECWXNft1HOuVT56Z08UGyDVuaNHU9Y_aem_qYgCTAOV20m-ytoVqkkzBA"

Benarkah klaim undian berhadiah tabungan dari Bank BJB? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini