Sukses

Gibran Rakabuming Raka Diserang Hoaks, Simak Daftarnya

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam hoaks seputar Gibaran, informasi palsu tersebut mengaitkan dengan beragam isu sehingga dapat menyesatkan masyarakat yang mempercayainya.

Liputan6.com, Jakarta- Gibran Rakabuming Raka menjadi sasaran hoaks, informasi palsu tersebut mengaitkan dengan beragam isu sehingga dapat menyesatkan masyarakat yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks seputar Gibaran, kabar bohong ini beredar di tengah masyarakat lewat media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar Gibran.

Video Gibran Sedang Menyantap Katak

Sebuah video yang diklaim Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka menyantap katak beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 Juli 2024.

Video berdurasi 24 detik itu memperlihatkan seorang pria mirip Gibran yang sedang menyantap katak di dalam sebuah mobil. Ia tampak lahap dan menikmati makanan tersebut.

"Lahap sekali makannya..

inilah Calon Wakil Presiden 2024 kita nanti...yg mncontohkan makan Kodok..dan sangat sangat Doyan sekali makanan Haram...

Apa nti yg akan trjadi bila seorang Yg bukan Muslim ini Memimpin Negeri ini.???

ASTAGHFIRULLAH...!!!!

Selamat Yaaa bagi pndukung Anak Jokodok..😃😃😀😂😂," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 23 kali ditonton warganet.

Benarkah dalam video itu Gibran sedang menyantap katak? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.......

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Gibran Nyantri Bersama Anies Baswedan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gibran nyantri bersama Anies Baswedan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Januari 2024.

Unggahan klaim video Gibran nyantri bersama Anies Baswedan menampilkan sejumlah orang mengenakan baju putih, terlihat di antara orang tersebut sosok Gibran Rakabuming Raka mengenakan penutup kepala hitam.

Dalam video tersebut pun terlihat Anies Baswedan sedang berbicara sambil berdiri di antara sejumlah orang berbaju putih yang sedang duduk ke arahnya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Gus Miftah dan Gibran nyantri bareng Abah Anies Baswedan"

Benarkah klaim video Gibran nyantri bersama Anies Baswedan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Video Kantor Gibran Dirusak Gabungan BEM Jateng dan Yogyakarta

Sebuah video yang diklaim kantor Gibran Rakabuming Raka dirusak oleh gabungan BEM Jawa Tengah dan Yogyakarta beredar di di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Desember 2023 lalu.

Gambar thumbnail dalam video terlihat sejumlah mahasiswa berjaket almamater biru turun ke jalan dan berunjuk rasa. Terlihat juga sebuah pembatas jalan dipenuhi coretan penolakan dinasti politik.

"BREAKING NEWS

GIBRAN HAMPIR TIDAK TERTOLONG

GABUNGAN BEM JATENG-JOGJA OBRAK-ABRIK KANTOR GIBRAN," demikian narasi dalam video tersebut.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa kantor Gibran dirusak oleh gabungan BEM Jateng dan Yogyakarta.

"Rusak p4r4h gibran hampir tidak t3rt0l0ng gabungan bem jateng - jogja obrak - abrik kantor gibran," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 637 kali dilihat dan mendapat 17 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut kantor Gibran dirusak oleh gabungan BEM Jateng dan Yogyakarta? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini