Sukses

Hoaks Seputar BBM Bersubsidi, dari Pelarangan hingga Insentif

Untuk mencegah masyarakat mempercayai penyebaran hoaks yang menyesatkan, Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam hoaks seputar BBM bersubsidi. Mau tau ragamnya? Simak artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Bahan bakar minyak (BBM) merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat modern. Di Indonesia, BBM bersubsidi menjadi isu sensitif yang kerap menjadi bahan hoaks.

Hoaks yang beredar tentang BBM bersubsidi dapat menimbulkan dampak yang cukup serius bagi masyarakat. Mulai dari menimbulkan ketakutan dan kepanikan, hingga memicu perpecahan dan kerusuhan sosial.

Untuk mencegah masyarakat mempercayai penyebaran hoaks yang menyesatkan, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks seputar BBM bersubsidi, mulai dari pelarangan hingga instentif.

Berikut daftar hoaks seputar BBM bersubsidi.

10 Merek Mobil yang Dilarang Pakai BBM Subsidi Mulai 17 Agustus

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim daftar 10 merek mobil yang dilarang pakai BBM subsidi mulai 17 Agustus, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Juni 2024.

Klaim daftar 10 merek mobil yang dilarang pakai BBM subsidi mulai 17 Agustus berupa infografis yang berisi tulisan sebagai berikut.

"Daftar Mobil dan Motor Dilarang Pakai BBM Subsidi Mulai 17 Agustus 2024

1. Toyota Avanza

2. Daihatsu Xenia

3. Mitsubishi Xpander

4. Wuling Confero S

5. Honda Mobilio

6. Nissan Liviba

7. Hyundai Stargazer

8. Mazda 3 sedan

9. BMW

10. Peugeot 3008"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Mbah mobil sejuta umat dilarang minum lite lagi muehehehe"

Benarkah klaim daftar 10 merek mobil yang dilarang pakai BBM subsidi mulai 17 Agustus? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendaftaran Barcode BBM Subsidi Pertamina Melalui Website

Beredar di media sosial postingan cara mendaftar barcode BBM subsidi Pertamina melalui website tertentu. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun bernama Daftar Barcode Subsidi BBM mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Juli 2024.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Dapatkan Barcode Pertamina dalam 15 Menit!"Abang sayang, tidak perlu KTP atau STNK! Garansi uang kembali 100% jika gagal. 🕒 Klik sekarang!DAFTAR CEPAT KLIK WA! https://daftarbarcodebbm.com/DAFTAR CEPAT KLIK WA! https://daftarbarcodebbm.com/DAFTAR CEPAT KLIK WA! https://daftarbarcodebbm.com/'

Lalu benarkah postingan cara mendaftar barcode BBM subsidi Pertamina melalui website tertentu? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

3 dari 4 halaman

Pertamina Bagikan Subsidi BBM Rp 5 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Pertamina (Persero) membagikan subsidi bahan bakar minyak atau BBM sebesar Rp 5 juta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"fancarving.top/pertaminabxv2/tb.php?gr=jy1674976127081"

Jika tautan klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta tersebut diklik maka masuk pada halaman situs yang berisi narasi sebagai berikut.

"🎉Pertamina National Fuel Subsidy🎊29 January, 2023

Congratulations!

Pertamina National Fuel Subsidy

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah ."

Benarkah klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini..

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini