Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Pep Guardiola Tolak Salaman dengan Perwakilan Israel

Beredar di media sosial postingan video manajer Manchester City Pep Guardiola menolak bersalaman dengan perwakilan Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video manajer Manchester City Pep Guardiola menolak bersalaman dengan perwakilan Israel. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Threads. Akun itu mempostingnya pada 7 Agustus 2024.

Dalam postingannya terdapat video Guardiola tak bersalaman dengan orang yang diberikan gambar bendera Israel. Video berdurasi 10 detik itu diberikan narasi "Taktik baru Pep Guardiola membuat luka tak berdarah".

Akun itu menambahkan narasi "Respect for coach Mr Pep, free Palestine."

Hingga saat ini video tersebut telah dilihat lebih dari 118 ribu kali.

Lalu benarkah postingan video manajer Manchester City Pep Guardiola menolak bersalaman dengan perwakilan Israel?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan video yang identik dengan postingan. Video itu diunggah akun The Emirates FA Cup pada 7 Agustus 2023.

Video itu sendiri merupakan seremoni usai laga Arsenal Vs Manchester City di ajang Community Shield 2023. Saat itu Manchester City kalah adu penalti dengan skor 1-4.

Selain itu penelusuran dilanjutkan dan menemukan artikel dari Reuters berjudul "Fact Check: Video does not show Man City boss snubbing Israeli representative" yang tayang pada 29 Mei 2024.

Dalam artikel tersebut dijelaskan orang yang tidak diajak bersalaman dengan Guardiola adalah eks manajer Crystal Palace, Alan Smith. Kepada Reuters, Smith mengatakan dia bukan dan tidak pernah menjadi perwakilan Israel.

Smith menjadi tamu dalam pertandingan tersebut karena undangan dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

Selain itu ada juga artikel dari Sportbible.com berjudul "Fans spot Pep Guardiola snub former manager during Community Shield medal ceremony" yang tayang pada 7 Agustus 2023.

Dalam artikel tersebut Smith sempat membalas pertanyaan netizen di Twitter terkait penolakan salam dari Guardiola.

"Saya tidak yakin tapi sepertinya Guardiola tidak bahagia atau dia pikir saya pendukung Arsenal," kata Smith.

Sumber:

https://www.youtube.com/live/UWyMIwQcG3E?t=7557s

https://www.reuters.com/fact-check/video-does-not-show-man-city-boss-snubbing-israeli-representative-2024-05-29/

https://www.sportbible.com/football/football-news/man-city/pep-guardiola-man-city-community-shield-arsenal-223197-20230807

https://x.com/lecoopsta/status/1688242877749485568

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video manajer Manchester City Pep Guardiola menolak bersalaman dengan perwakilan Israel adalah tidak benar. Faktanya orang tersebut adalah eks manajer Crystal Palace, Alan Smith.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.