Sukses

Ragam Hoaks Peristiwa di India, Diinvasi Alien hingga Kecoa Hidup di Dalam Dada Manusia

Hoaks bisa menyerang negara mana saja tak terkecuali India. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang negara mana saja tak terkecuali India. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks peristiwa yang terjadi di India? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Rontgen Pasien di India, Ada Kecoa di dalam Dadanya

Sebuah foto yang diklaim hasil rontgen pasien di India dan terdapat seekor kecoa di dalam dadanya beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkah salah satu akun Facebook pada 28 Juli 2024. Pada foto tersebut terlihat ada seekor kecoa dalam sebuah dada pasien berdasarkan foto hasil rontgen.

"Hasil rontgen seorang pasien India menunjukkan ada seekor kecoa kecil didalam dadanya, dan dokter India memintanya pergi ke luar negeri dan menjalani operasi untuk menghilangkannya.

Pasien ini pergi ke Singapura untuk persiapan operasi. Dokter Singapura memberi tahu dia bahwa tidak ada kecoa kecil di dada Anda, tetapi ada kecoa kecil di mesin rontgen di negara Anda," tulis narasi dalam foto tersebut.

"Nah ini parah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 27 kali direspons dan mendapat 11 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut terdapat seekor kecoa di dalam dada pasien di India? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Foto Ikan Mutan Ditemukan Nelayan di India

Sebuah foto yang diklaim ikan mutan ditemukan nelayan di India beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 April 2024.

Dalam foto tersebut terlihat seorang pria berpose dengan ikan hasil tangkapannya di pinggir sungai. Namun, penampakan ikan tersebut terlihat aneh dan memiliki gigi taring yang cukup panjang. Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa penemuan ikan mutan oleh seorang nelayan di India.

"A mutant fish that resembles a cross between a tiger and a fish is caught by Indian fishermen," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 197 kali direspons dan mendapat 36 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu merupakan ikan mutan yang ditemukan seorang nelayan di India? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Penampakan Alien Menginvasi India

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan alien menginvasi India, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2022.

Klaim video penampakan alien menginvasi India berupa video dua orang mengendarai sepeda motor kemudian bertemu dengan sosok sedang berjalan tersorot lampu kendaraan tersebut.

Selain video, klaim tersebut juga mengunggah foto yang menampilkan sejumlah sosok berkepala dan mata besar.

Video dan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"India

Makhluk aneh dengan anggota badan yang panjang muncul di sebuah jambatan yang terletak di Jharkhand, India. Kejadian aneh itu mengejutkan warga yang melintas di tempat itu dan ada yang merekam video kejadian yang menjadi viral.

Pengguna medsos membandingkan watak itu dengan wanita telanjang, walaupun mereka kebanyakan percaya bahawa ia adalah makhluk asing. Yang lain menganggap bahwa itu bisa jadi monster, jadi mereka meminta NASA untuk memberi komen mengenainya. 🤪

09.06.2021

#ClimateChange

Acara Alien Invasion sudah di mulai..."

Benarkah klaim video penampakan alien menginvasi India? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.