Sukses

Cek Fakta: Hoaks Artikel Vladimir Putin Komentari Unjuk Rasa Indonesia pada Israel Tidak Ada Untungnya

Beredar di media sosial postingan artikel Vladimir Putin mengomentari unjuk rasa Indonesia pada Israel tidak ada untungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan artikel Vladimir Putin mengomentari unjuk rasa Indonesia pada Israel tidak ada untungnya. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Agustus 2024.

Dalam postingannya terdapat artikel Detik News dengan narasi sebagai berikut:

"Presiden Rusia Vladimir Putin: Tidak Ada UntungNya Buat Indonesia Demo dan Injak Bendera Israel, Yang Ada Munafik Di Mata Dunia"

Lalu benarkah postingan artikel Vladimir Putin mengomentari unjuk rasa Indonesia pada Israel tidak ada untungnya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan fitur pencarian di laman Detik.com. Hasilnya tidak ada artikel yang sesuai dengan postingan.

Pencarian dilanjutkan dengan menggunakan kata kunci "Yudhistira Amran Saleh, Vladimir Putin" di mesin pencarian Google. Hasilnya ada artikel yang identik dengan postingan.

Namun dalam artikel asli judulnya tidak sesuai dengan postingan. Dalam artikel asli berjudul "Vladimir Putin Jadi Orang Paling Berpengaruh di Dunia untuk Ketiga Kalinya".

Kesamaan terdapat pada nama penulis yakni Yudhistira Amran Saleh dan tanggal waktu artikel diunggah yakni pukul 07.16 WIB. Namun dalam artikel yang diposting sudah mengalami perubahan tanggal yakni dari 6 November 2015 menjadi 27 Juli 2024.

<p>Cek fakta Vladimir Putin komentari unjuk rasa Israel tidak ada untungnya bagi Indonesia.</p>

Berikut isi artikel aslinya:

"Jakarta - Tahun ini, Forbes kembali merilis daftar orang-orang paling berpengaruh di dunia. Para petinggi dunia baik pria dan wanita, mulai dari kepala negara, dermawan, dan pengusaha ada di dalam daftar tersebut.

Dilansir dari Forbes, Jumat (6/11/2015), Presiden Rusia Vladimir Putin muncul sebagai orang paling berpengaruh di dunia untuk ketiga kalinya dalam tiga tahun terakhir. Putin membuktikan sebagai pemimpin yang sangat kuat. Sanksi internasional terhadapnya soal Crimea telah mendorong Rusia ke dalam resesi. Pada bulan Oktober lalu, Dia juga membom pasukan ISIS di Suriah, kemudian dia bertemu dengan Presiden Assad dan membuat AS dan NATO lemah di wilayah tersebut.

Sedangkan orang terkuat di dunia nomor dua adalah Kanselir Jerman Angela Merkel. Dia merupakan tulang punggung dari ke-28 anggota Uni Eropa dan dia mempunyai tindakan tegas tentang masalah pengungsi Suriah dan krisis keuangan Yunani.

Presiden AS Barack Obama turun satu peringkat. Dia berada di posisi ke-3 orang paling berpengaruh di dunia. Amerika Serikat, negara yang dipimpinnya tetap mempunyai kekuatan ekonomi, budaya, diplomasi, teknologi, dan memiliki kekuatan militer terbesar di dunia. Pada tahun terakhirnya sebagai presiden, kebijakan luar negerinya terus menurun drastis di bawah 50%.

Paus Fransiskus menempati urutan keempat sebagai pemimpin spiritual yang memiliki satu miliar pengikut umat Katolik. Sedangkan Doug McMillon, CEO Wal-Mart menempati urutan ke-32 sebagai orang yang mempunyai 2,2 juta pekerja.

Berikutnya, untuk kepala negara, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menempati urutan ke-14 sebagai kepala negara berpengaruh. Dia juga dianggap memiliki pengaruh dalam cadangan minyak dunia.

Sementara itu, pendiri Microsoft Bill Gates menempati urutan ke-6 sebagai orang yang memiliki jumlah kekayaan bersih tertinggi di dunia. Hal itu dilihat dari aset perusahaan yang dimilikinya serta pendapatan perusahaannya.

Lalu, dalam bisnis otomotif, CEO SpaceX Elon Musk menjadi orang paling berpengaruh di dunia urutan ke-38. Dia dinilai memiliki kekuatan dalam industri penerbangan SpaceX. Dia juga merupakan seorang miliader dan visioner teknologi yang sangat dihormati.

Tak hanya itu saja, pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un juga masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia yang ke-46. Dia memiliki kendali mutlak atas kehidupan 25 juta orang yang tinggal di negaranya dan Dia dikenal akan hukum matinya jika ada yang berbeda pendapat dengannya."

Sumber:

https://news.detik.com/internasional/d-3063541/vladimir-putin-jadi- orang-paling-berpengaruh-di-dunia-untuk-ketiga-kalinya

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan artikel Vladimir Putin mengomentari unjuk rasa Indonesia pada Israel tidak ada untungnya adalah hoaks. Faktanya judul dalam artikel itu telah disunting.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini