Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar IKN, Simak Daftarnya

Banyak hoaks seputar IKN yang beredar di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hoaks seputar IKN yang beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial.

Lalu apa saja hoaks seputar IKN? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Kompas TV Sebut di IKN Akan Hadir Motor Terbang Tanpa Roda

Beredar di media sosial postingan Kompas TV memberitakan di IKN akan hadir motor terbang tanpa roda. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 9 Agustus 2024.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul:

"Selain taxi terbang dan Kereta tanpa rel, Di IKN juga akan hadir motor tanpa roda dan bisa terbang"

Selain itu dalam postingan terdapat pula foto Presiden Jokowi sedang mengendarai sapu terbang.

Lalu benarkah Kompas TV memberitakan di IKN akan hadir motor terbang tanpa roda? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Patung Naga Raksasa Dibangun di IKN

Sebuah foto yang diklaim patung naga raksasa dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 30 Juli 2024.

Dalam foto tersebut sebuah patung naga raksasa berwarna abu-abu berdiri kokoh. Patung tersebut berada di tengah-tengah jalanan kota. Patung naga raksasa itu disebut-sebut telah dibangun di IKN.

"Sebuah patung naga raksasa di ibu kota kalimantan timur sbgai bentuk penghormatan terakhir kekuasaan utk kokoh JOKOWISME dkk yg telah berjasa utk pembangunan IKN yg baru ditanah air🤣🤣," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 1 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut patung naga raksasa dibangun di IKN? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Menag Minta Masyarakat Ikhlaskan Dana Haji untuk IKN

Beredar di media sosial postingan judul artikel yang menyebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat mengikhlaskan dana haji dipakai pemerintah untuk IKN. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 30 Mei 2024.

Pada postingannya terdapat artikel dengan foto Menag Yaqut Cholil Qoumas berjudul "Menag minta masyarakat iklaskan dana haji dipakai Pemerintah untuk IKN"

Akun itu menambahkan narasi:

"Klu dana haji di minta untuk ikn,, sama saja bilang umat islam di indonesia di larang naik haji,,, rezim seperti ini mending di bibarin,,, ini negara mayoritas islam,,, .? Ini menag dr jabat banser sampai skarang ga ada kontribusi pemikiran yg menguntungkan umat,, rakyat kok di percaya,,, otak mana otak..?"

Lalu benarkah postingan judul artikel yang menyebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat mengikhlaskan dana haji dipakai pemerintah untuk IKN? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.