Sukses

Kumpulan Kabar Viral Tentang Manusia Berusia Ratusan Tahun, Hoaks atau Fakta?

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri beragam kabar tentang manusia yang berusia ratusan tahun, bagaimana faktanya? Simak hasil penelusurannya dalam artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang manusia dengan usia ratusan tahun beredar di media sosial, namun sebaiknya kita tidak langsung mempercayainya sebab tidak semua informasi tersebut benar.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks tentang manusia yang berusia ratusan tahun, hal ini merupakan hasil penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks tentang manusia berusia ratusan tahun.

Video Merupakan Laki-Laki Tertua di Dunia Berusia 250 Tahun

Sebuah video yang diklaim seorang laki-laki tertua di dunia berusia 250 tahun beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi seorang laki-laki tua tengah berbaring di atas ranjang. Pria tersebut terlihat kurus dan diklaim sebagai laki-laki tertua di dunia saat ini berusia 250 tahun.

"Laki laki tertua di dunia saat ini berusia 250 tahun," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3,1 juta kali ditonton dan mendapat 1.200 lebih komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan laki-laki tertua di dunia berusia 250 tahun? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biksu Berusia 300 Tahun Ditemukan di Malang

Beredar di media sosial postingan yang menyebut ada seorang biksu berusia 300 tahun ditemukan di Waduk Karangkates Malang. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 27 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat gambar seorang biksu dilengkapi narasi sebagai berikut:

"Baru saja ditemukan seorang biksu dalam gua di pegunungan dekat Waduk Karangkates malang. Semula para masyarakat mengira ini sebuah mummi, setelah diamati dengan seksama ternyata denyut nadinya masih ada walaupun lemah sekali.Diperkirakan biksu ini sdh berumur 300 tahunDi samping biksu itu terdapat uang logam kuno yang sudah tidak laku lagi, beberapa barang kuno seperti cawan, tenunan kuno yang sudah lapuk dan sebuah buku tua.Di dalam buku itu ada selembar kertas dengan tulisan India kuno.Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya kira-kira begini: "Lebih baik kita ngopi daripada mempercayai cerita ini, sebab kopi membuat kita lebih semangat".Jangan terlalu serius, semangat 😅🫰🏻Jangan lupa bersyukur dan bahagia..🔥⚽️"

Foto itu disertai narasi "Dunia memang sudah terlalu tua"

Lalu benarkah postingan yang menyebut ada seorang biksu berusia 300 tahun ditemukan di Waduk Karangkates Malang? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

3 dari 4 halaman

Video Wanita Tertua di Dunia Berusia 399 Tahun

Sebuah video yang diklaim seorang wanita tertua di dunia berusia 399 tahun beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 April 2022.

Video berdurasi 59 detik itu memperlihatkan seseorang tengah berbaring di tempat tidur dengan kondisi yang sudah renta.

Sosok dalam video tersebut kemudian disebut-sebut sebagai wanita tertua di dunia berusia 399 tahun.

"The oldest woman in the world 399 years old 😱👏," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 384 ribu kali ditonton dan mendapat 431 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan wanita tertua di dunia berusia 399 tahun? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.