Sukses

Peringatan HUT ke-79 RI Dijadikan Bahan Hoaks, dari Perayaan sampai Undian Berhadiah

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks seputar peringatan HUT ke-79 RI, apa saja ragamnya? Simak artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar peringatan HUT ke-79 RI beredar di tengah masyarakat, informasi bohong tersebut pun beredar di tengah masyarakat dan bisa menyesatkan pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks seputar peringatan HUT ke-79 RI, mulai dari seputar perayaan sampai undian berhadiah dalam rangka merayakan hari kemerdekaan tersebut.

Berikut kumpulan hoaks seputar peringatan HUT ke-79 RI.

Pemerintah Pakai Pawang Hujan Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Kabar tentang pemerintah mendatangkan seorang pawang hujan dari Banyuwangi jelang HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 13 Agustus 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang pria sedang berada di tengah jalan. Ia tampak memegang sebuah keris sambil mengayunkannya ke arah awan. Pria berkaus dan bertopi hitam itu disebut-sebut sebagai pawang hujan yang didatangkan pemerintah dari Banyuwangi menjelang HUT ke-79 RI di IKN.

"Duit rakyat di hamburin cuma buat pawang. Moga aja Hujan badai di perayaan HUT Kemerdekaan," demikian narasi dalam video tersebut.

"IKN pke pawang HUJAN alias musyrik pun dipublikasikan..apa gk punya tuhan..apa gk smkin DUNGU itu namanya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 3 komentar dari warganet.

Benarkah pemerintah mendatangkan pawang hujan jelang HUT ke-79 RI di IKN? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BRI Gelar Undian Berhadiah Miliaran Rupiah Sambut Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim BRI menggelar undian berhadiah miliaran rupiah menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Agustus 2024.

Unggahan klaim BRI menggelar undian berhadiah miliaran rupiah menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia berupa tulisan sebagi berikut.

"Menyambut Ulang Tahun kemerdekaan INDONESIA!!

BRImo Mengadakan Undian Berhadiah Milyaran Rupiah !!

Ayokk Cetak dan Ambil Kupon mu sekarang untuk memenangkan Undian Berhadiah BRl.

Khusus pengguna BRImo.

Klik Daftar

#BRImo #BRImopoin #BRImosemuabisa"

Unggahan tersebut disertai dengan tautan berikut yang diklaim sebagi formulir pendaftaran undian.

"https://l.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fcupcopoid.cip-io.com%2F%3Ffbclid%3DIwZXh0bgNhZW0CMTEAAR0US8jRjLcr34KZ1XtGCr6o0SUlzReV5UyEN7eXTkVH18E5LMTuf0vnlBY_aem_fabKr0r48s4Ys7k50A2yXw&h=AT0bKLUDYL0IZfp19rvK_hdFmROG_I_pI5dSFzvi1i2CKs5KsxehT2psCP0IuXjMGyXQKwMF5SrJiLTI7fWxfvfoFx05AdH4XdFrQcB14BM6FT4o-hiPFe9ukgk5qAWZmtnyaA&__tn__=H-R&c[0]=AT06cFMZdSXQWIBSDj1LxK_U_6wo8qGcEPjhgR-4FX1IUd1UK5yaCjLRhhltVI9KVULeS5R0OFrLNqQ1axPIuk8nT-7cVz-cKzgzjVe6BXIs6woUq8Kxfyl_O3L-jiWf5axjr3bSULrjHE__NJ6G7FYuqcdQ7gB26vRy4GZiDyaBHjdZTSf7YrmqgNzAEo5wZZlpTkIFJR0i14Y"

Benarkah klaim BRI menggelar undian berhadiah miliaran rupiah menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

3 dari 4 halaman

BRI Bagikan Kupon Undian Sambut Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Agustus 2024.

Klaim BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia berupa tulisan sebagai berikut.

"Menyambut Ulang Tahun kemerdekaan INDONESIA!!

BRImo Mengadakan Undian Berhadiah Milyaran Rupiah !!

Ayokk Cetak dan Ambil Kupon mu sekarang untuk memenangkan Undian Berhadiah BRl.

Khusus pengguna BRImo.

Klik Daftar

#BRImo #BRImopoin #BRImosemuabisa"

Informasi tersebut menyertakan tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran untuk mendapat kupon undian hadiah dari BRI, berikut tautannya "\http://hoytrkupon.wsi.web.id/".

Benarkah BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.