Sukses

Kumpulan Hoaks Pembagian Uang Catut Nama Tokoh di Facebook, Jangan Mudah Terkecoh

Hoaks pembagian uang atau bantuan melalui Facebook banyak mencatut nama tokoh ternama.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks pembagian uang atau bantuan melalui Facebook banyak mencatut nama tokoh ternama. Tentu hoaks seperti ini harus diwaspadai agar kita terhindar dari kerugian.

Lalu apa saja hoaks uang atau bantuan melalui Facebook? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Dedi Mulyadi Bagikan Uang Rp 20 Juta Hanya dengan Ikuti dan Bagikan Kontennya di Facebook

Beredar di media sosial postingan video Dedi Mulyadi membagikan uang Rp 20 juta tanpa diundi hanya dengan follow dan membagikan kontennya di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 12 Agustus 2024.

Dalam unggahannya terdapat video dengan narasi:

"Setiap kalian follow tekan love dan tanda panah saya akan bantu 20.000.000 ini nyata bukan hoax pasti amanah saya, buktikan sekarang tanpa diundi"

Hingga saat ini postingan ini telah dilihat 4,2 juta kali, mendapat 83,8 ribu likes, 16,9 ribu komentar dan 10 ribu kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan video Dedi Mulyadi membagikan uang Rp 20 juta tanpa diundi hanya dengan follow dan membagikan kontennya di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Presiden Jokowi Bagikan Rp 50 Juta Bagi Orang yang Membutuhkan Melalui Facebook

Beredar di media sosial postingan Presiden Jokowi akan mentransfer uang Rp 50 juta bagi orang yang membutuhkan di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 6 Agustus 2024.

Dalam unggahannya terdapat video Presiden Jokowi dengan suara sebagai berikut:

"Setiap kalian follow tekan love dan panah itu saya akan bantu 50 juta. Per orang saya transfer 50 juta. Kalau kalian gak percaya saya buktikan sekarang juga ya"

Video itu juga disertai narasi "Amanah untuk Anda. Bangtuan untuk kalian semua orang yang membutuhkan yaa"

Hingga saat ini video tersebut telah dilihat lebih dari 912 ribu kali, mendapat 17,1 ribu likes dan 2,7 ribu lali dibagikan.

Lalu benarkah postingan Presiden Jokowi akan mentransfer uang Rp 50 juta bagi orang yang membutuhkan di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Raffi Ahmad Bagikan Uang Rp 35 Juta dengan Bermain Angka di Facebook

Beredar di media sosial postingan Raffi Ahmad akan membagikan uang Rp 35 juta hanya dengan bermain angka di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama Raffi Ahmad Real mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 24 Juli 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Raffi Ahmad bersama Prabowo Subianto dengan narasi sebagai berikut:

"Stop di angka 2 jika kalian bisa saya TF 35 juta sekarang tanpa diundi"

Lalu benarkah postingan Raffi Ahmad akan membagikan uang Rp 35 juta hanya dengan bermain angka di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.