Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Seputar Perayaan HUT ke-79 RI sampai IKN

Sepekan ini, kembali beredar hoaks yang menyesatkan masyarakat. Artikel ini mengulas 6 hoaks yang mendapatkan sorotan dan cara mendeteksi informasi yang benar.

Liputan6.com, Jakarta- Dunia digital memang memiliki segudang manfaat, terutama dalam menyebarkan informasi dengan cepat dan luas. Namun, di balik kemudahan akses informasi, terdapat sebuah ancaman yang kian membayangi yaitu hoaks. Informasi palsu yang disajikan seolah benar, seringkali menyesatkan masyarakat dan menimbulkan kepanikan serta kerugian.

Sepekan ini, beberapa hoaks kembali beredar luas, menyebarkan kebohongan yang berpotensi membahayakan. Sebab itu kita perlu mengehatuhi hoaks yang sedang beredar agar terhindar dari kabar dusta tersebut.

Untuk mengetahui hoaks yang sedang beredar, simak kumpulannya dalam daftar berikut ini.

1. Pemerintah Pakai Pawang Hujan Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Kabar tentang pemerintah mendatangkan seorang pawang hujan dari Banyuwangi jelang HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 13 Agustus 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang pria sedang berada di tengah jalan. Ia tampak memegang sebuah keris sambil mengayunkannya ke arah awan. Pria berkaus dan bertopi hitam itu disebut-sebut sebagai pawang hujan yang didatangkan pemerintah dari Banyuwangi menjelang HUT ke-79 RI di IKN.

"Duit rakyat di hamburin cuma buat pawang. Moga aja Hujan badai di perayaan HUT Kemerdekaan," demikian narasi dalam video tersebut.

"IKN pke pawang HUJAN alias musyrik pun dipublikasikan..apa gk punya tuhan..apa gk smkin DUNGU itu namanya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 3 komentar dari warganet.

Benarkah pemerintah mendatangkan pawang hujan jelang HUT ke-79 RI di IKN? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

2. Air dari Batang Pohon Pisang Obat Manjur Sakit Pinggang

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim air batang pohon pisang obat manjur sakit pinggang, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 31 Juli 2024.

Klaim air batang pisang obat manjur sakit pinggang berupa video yang menampilkan batang pisang yang sudah dipotong sedang meneteskan air yang ditampung sebuah gelas.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "OBAT MANJUR SAKIT PINGGANG" dan diiringi narasi suara, dengan transkrip sebagai berikut.

"Buat teman-teman yang bermasalah dengan ginjal sakit pinggang akut minumlah air pohon pisang ini teman-teman.

Nah kalau teman-teman memanfaatkan air gedebok pisang begini cara yang paling tepatnya agar airnya steril, pilih batang pisang yang belum berbuah sehingga nutrisinya masih sangat banyak.

Air pohon pisang ini sangat bermanfaat untuk mengatasi infeksi saluran pencernaan, lambung, ambeien sampai berdarah, asam lambung pendarahan usus dapat mengkonsumsi air pohon pisang ini.

Nah buat teman-teman yang bermasalah dengan ginjal sakit pinggang takut minumlah air pohon pisang ini teman-teman.

Cara minumnya harus dicampur dengan air hangat jadi jangan banyak-banyak minumnya segini aja, sekitar 20 ML."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Air Pohon Pisang Obat Sakit Pinggang !!"

Benarkah klaim air batang pohon pisang obat manjur sakit pinggang? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3. Video Merupakan Laki-Laki Tertua di Dunia Berusia 250 Tahun

Sebuah video yang diklaim seorang laki-laki tertua di dunia berusia 250 tahun beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi seorang laki-laki tua tengah berbaring di atas ranjang. Pria tersebut terlihat kurus dan diklaim sebagai laki-laki tertua di dunia saat ini berusia 250 tahun.

"Laki laki tertua di dunia saat ini berusia 250 tahun," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3,1 juta kali ditonton dan mendapat 1.200 lebih komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan laki-laki tertua di dunia berusia 250 tahun? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

5. Penerimaan Pegawai Baru BUMN Grup

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penerimaan pegawai baru BUMN grup, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Juli 2024.

Klaim penerimaan pegawai baru BUMN grup berupa tulisan sebagai tersebut.

"Penerimaan Pegawai Baru BUMN GROUP

Penempatan Sesuai Domisili/Daerah kalian😊

https://joinxtelegramv4.my.id/lowongankerjabumnindonesia

Syarat-Syarat :

1. Pria - Wanita

2. 17 - 40 th

3. Gaji perbulan Rp 4 juta - Rp 10 juta

4. SMP SMA.SMK.Sederajat

Posisi :

1. Helper

2. operator

3. satpam

4. driver

5. OB

6. Peking barang, tukang bongkar muat barang Dll

Fasilitas:

1. Lembur

2. Seragam

3. Kartap

4. Makan

5. Bpjs

Pendaftaran Disini Gratis Yah Tidak Dipungut Biaya👇👇

https://joinxtelegramv4.my.id/lowongankerjabumnindonesia."

Tulisan tersebut disertai tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran penerimaan pegawai baru BUMN grup, berikut tautannya. "https://joinxtelegramv4.my.id/lowongankerjabumnindonesia"

Benarkah klaim penerimaan pegawai baru BUMN grup? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

7. BRI Bagikan Kupon Undian Sambut Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Agustus 2024.

Klaim BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia berupa tulisan sebagai berikut.

"Menyambut Ulang Tahun kemerdekaan INDONESIA!!

BRImo Mengadakan Undian Berhadiah Milyaran Rupiah !!

Ayokk Cetak dan Ambil Kupon mu sekarang untuk memenangkan Undian Berhadiah BRl.

Khusus pengguna BRImo.

Klik Daftar

#BRImo #BRImopoin #BRImosemuabisa"

Informasi tersebut menyertakan tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran untuk mendapat kupon undian hadiah dari BRI, berikut tautannya "\http://hoytrkupon.wsi.web.id/".

Benarkah BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

6. Judul Artikel Kompas TV Sebut di IKN Akan Hadir Motor Terbang Tanpa Roda

Beredar di media sosial postingan Kompas TV memberitakan di IKN akan hadir motor terbang tanpa roda. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 9 Agustus 2024.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul:

"Selain taxi terbang dan Kereta tanpa rel, Di IKN juga akan hadir motor tanpa roda dan bisa terbang"

Selain itu dalam postingan terdapat pula foto Presiden Jokowi sedang mengendarai sapu terbang.

Lalu benarkah Kompas TV memberitakan di IKN akan hadir motor terbang tanpa roda? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.......

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.