Sukses

KBRI Singapura Minta Masyarakat Waspadai Akun Palsu Janjikan Pemberian Bantuan

Dalam beberapa waktu terakhir banyak akun mengatasnamakan KBRI Singapura beredar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura meminta masyarakat mewaspadai akun palsu yang mencatut nama KBRI Singapura. Terlebih sejumlah akun palsu itu menjanjikan iming-iming bantuan dengan syarat tertentu.

Dalam beberapa waktu terakhir banyak akun mengatasnamakan KBRI Singapura beredar di media sosial. Mereka mengunggah akan memberikan bantuan uang dengan nominal yang besar bagi tenaga kerja Indonesia yang ada di Singapura.

KBRI Singapura melalui akun resmi di Facebook, @Indonesian Embassy Singapore yang sudah bercentang biru atau terverifikasi memberikan bantahannya pada unggahan 24 Juli 2024. Berikut isi unggahan tersebut:

"WASPADA HOAX DAN PENIPUAN!!

Telah beredar akun palsu mengatasnamakan KBRI Singapura dan menyebarkan berita mengenai pemberian dana bantuan. KBRI Singapura tidak menyelenggarakan pemberian dana sebagaimana diedarkan oleh akun palsu tersebut.

KBRI Singapura memiliki akun resmi di sosial media dengan logo resmi dan bercentang biru tanda bahwa akun terverifikasi.Facebook: Indonesian Embassy Singapore Instagram: @kbrisingapuraX/Twitter: Indonesian Embassy Singapore"

Mereka juga meminta masyarakat melapor jika menemukan akun palsu tersebut:

"Jangan tertipu dengan iming-iming bantuan atau sejenisnya. Silakan konfirmasi lebih dulu jika menerima hal semacam tersebut ke KBRI Singapura melalui email resmi singapura.kbri@kemlu.go.id atau chat resmi +65 9648 0017.

Jadilah pengguna media sosial yang cerdas dan bertanggungjawab!Laporkan jika menemukan akun palsu mengatasnamakan KBRI Singapura!"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini