Sukses

Perayaan HUT ke-79 RI Dijadikan Bahan Hoaks, Simak Daftarnya

Keberadaan hoaks seputar HUT ke-79 RI terkadang sulit dikenali. Sebab itu kita perlu jeli saat mendapat informasi, dengan memastikan kebenaranya terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar HUT ke-79 RI beredar di media sosial, kabar bohong tersebut dikaitkan dengan beragam isu. Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkapnya setelah melakukan penelusuran.

Keberadaan hoaks seputar HUT ke-79 RI terkadang sulit dikenali. Sebab itu kita perlu jeli saat mendapat informasi, dengan memastikan kebenaranya terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Agar tidak menjadi korban hoaks, simak kumpulannya dalam daftar berikut ini.

Bank BJB Festival Poin Berhadiah Peringati HUT RI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim program Bank BJB festival poin berhadiah untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemeredekaan Republik Indonesia (HUT RI), informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Agustus 2024.

Klaim program Bank BJB festival poin berhadiah untuk memperingati HUT RI berupa tulisan sebagai berikut.

"Hallo Hallo sobat BJB..!!

Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Bank BJB Mengadakan Program Festival Point Berhadiah..

Yuk ikuti program Undian FESTIVAL BERHADIAH Bank BJB khusus yang sudah Terdaftar Di Mobile Banking Bank BJB..

Pendaftaran secara Gratis..!!

Sobat bisa memenangkan HADIAH GRAND PRIZE dan hadiah lain nya.

Buruan daftar sekarang dengan cara Klik DAFTAR di bawah ini ⬇️⬇️"

Informasi tersebut disertai dengan tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran festival poin berhadiah untuk memperingati HUT RI.

Berikut tautannya.

"https://e.ib-co.my.id/digi.bjb/?fbclid=IwY2xjawExG6RleHRuA2FlbQIxMQABHe6tMrxV6UzJL4wWEmw5FLLPNYHhmkHuMDBKpT0yKvbqyoArxdJdG4w_tQ_aem_YHM7j7BYLuIVf5m-HghdMw"

Jika klik tautan tersebut mengarah pada halaman yang menampilkan formulir online yang diklaim sebagai aktivasi undian berhadiah Bank BJB. Formulir tersebut meminta nomor handphone terdaftar, 18 digit nomor kartu ATM, masa berlaku kartu dan pin ATM.

Benarkah program Bank BJB festival poin berhadiah untuk memperingati HUT RI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Rp 790 Juta Dalam Rangka Hari Kemerdekaan

Beredar di media sosial postingan video Presiden Jokowi akan memberikan total bantuan Rp 790 juta dalam rangka perayaan hari kemerdekaan. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 Agustus 2024.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi:

"Spesial di hari kemerdekaan Indonesia ke-79, saya akan membagikan bantuan dengan total 790 juta rupiah khusus untuk yang sudah membagikan video ini dan harus follow akun saya ini, pemenang harus masuk kriteria di bawah ini ya untuk hubungi saya langsung, segera cek bio saya, terima kasih"

Selain itu terdapat list rincian siapa saja yang akan mendapat bantuan tersebut dari biaya nikah hingga lansia.

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 2,4 juta kali, mendapat 21,1 ribu komentar, 39,7 ribu likes, dan 5,5 ribu kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan video Presiden Jokowi akan memberikan total bantuan Rp 790 juta dalam rangka perayaan hari kemerdekaan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

3 dari 4 halaman

BRI Bagikan Kupon Undian Sambut Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Agustus 2024.

Klaim BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia berupa tulisan sebagai berikut.

"Menyambut Ulang Tahun kemerdekaan INDONESIA!!

BRImo Mengadakan Undian Berhadiah Milyaran Rupiah !!

Ayokk Cetak dan Ambil Kupon mu sekarang untuk memenangkan Undian Berhadiah BRl.

Khusus pengguna BRImo.

Klik Daftar

#BRImo #BRImopoin #BRImosemuabisa"

Informasi tersebut menyertakan tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran untuk mendapat kupon undian hadiah dari BRI, berikut tautannya "\http://hoytrkupon.wsi.web.id/".

Benarkah BRI bagikan kupon undian menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini