Sukses

Ragam Video Hoaks Terkini, Kenali Faktanya Biar Tak Terpengaruh

Video hoaks kerap sulit dikenali, sehingga dibutuhkan kejelian agar kita tidak terjebak oleh informasi bohong tersebut. Simak artikel berikut ini agar tidak terjebak oleh informasi bohong tersebut.

Liputan6.com, Jakarta- Video menjadi media yang efektif untuk menyampaikan informasi, hiburan, dan pesan tertentu. Namun, juga rentan disalahgunakan untuk menyebarkan informasi palsu atau hoaks.

Manipulasi video merupakan salah satu bentuk penyebaran hoaks yang semakin marak. Teknik manipulasi yang canggih dan mudah diakses memungkinkan siapa pun untuk mengubah konten video, sehingga menciptakan ilusi realitas yang sebenarnya tidak terjadi.

Video hoaks kerap sulit dikenali, sehingga dibutuhkan kejelian agar kita tidak terjebak oleh informasi bohong tersebut. Untuk memudahkan masyarakat mengenali video hoaks, Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran.

Dari hasil penelusuran, terungkap beragam video hoaks terkini yang beredar di media sosial, berikut daftarnya.

Video Megawati Soekarno Putri Bicara Nyeri Lutut dan Pengobatannya

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Megawati Soekarno Putri mengalami nyeri lutut dan pengobatannya, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Juli 2024.

Klaim video Megawati Soekarno Putri mengalami nyeri lutut dan pengobatannya tersebut berupa video yang menampilkan Megawati yang sedang berbicara.

Berikut transkripnya:

"Halo semuanya, Nama saya Megawati Soekarno Putri dan saya telah menderita osteoartritis selama 10 tahun saya merekam video ini untuk orang-orang yang mengalami nyeri lutut, nyeri biasa di punggung bawah leher di antara tulang belikat atau di tempat lain.

Jadi jika anda atau orang yang anda cintai mengalami nyeri sendi tontonlah video ini sampai selesai, sejak kecil saya selalu menjadi orang yang aktif tidak pernah duduk diam dalam waktu lama, menyukai olah raga dan tidak memiliki kebiasaan buruk. Tetapi, setelah usia 30 tahun setelah seharian bekerja keras kaki saya sering membengkak dan lutut saya sakit.

Pada saat itu saya tidak memperhatikannya dan berpikir bahwa saya hanya perlu beristirahat dan rasa sakitnya akan hilang, tetapi selama bertahun-tahun rasa sakitnya semakin parah, saya semakin tua dan semakin lama kaki saya semakin lelah dan mulai terasa sakit.

Pada suatu ketika saya memutuskan untuk pergi ke rumah sakit dan didiagnosis dengan penyakit yang mengerikan, osteoarthritis tingkat 2 pengobatan dengan salep dan pil Farmasi tidak membantu saya dan operasi pada lutut dan panggul saya tidak diperbolehkan, karena saya memiliki jantung yang buruk dan saya bisa saja meninggal selama operasi.

Akibatnya saya menjadi sandera dari tubuh saya sendiri, saya mengalami rasa sakit yang terus-menerus di kaki saya dan penyakit yang tidak memungkinkan saya untuk hidup secara normal, saya putus asa dan sudah pasrah. Dengan pemikiran bahwa di masa tua saya tidak akan bisa berjalan sama sekali dan hanya bisa bergerak dengan kursi roda, saya sangat takut akan hal itu.

Saya memiliki dua cucu yang luar biasa dan saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka, tetapi saya tidak bisa. Anak-anak membutuhkan nenek yang aktif dan saya tidak bisa bermain dengan mereka, karena persendian saya yang sakit dan rasa sakit di dalamnya.

Tetapi suatu hari hidup saya berubah selamanya, salah satu teman saya yang kaya merekomendasikan obat dokter trevan. Dia mengatakan bahwa dia telah menjalani pengobatan dengan obat ini dan benar-benar menyembuhkan bahu dan lututnya yang sakit.

Dia mengatakan bahwa setelah meminum obat ini, tubuhnya berhenti berderit dia mulai bangun dengan perasaan ringan pada tulang dan persendiannya dan otot-otot di sekitarnya, berhenti sakit sama sekali kemudian saya menyadari bahwa ini adalah kesempatan yang dikirimkan oleh Allah kepada saya dan pada hari yang sama saya langsung memesan produk tersebut. Beberapa hari kemudian produk tersebut dikirimkan kepada saya melalui pos, saya sangat menantikannya dan memiliki harapan yang tinggi untuk itu dan tahukah Anda itu tidak mengecewakan saya, setelah penggunaan pertama produk ini kemerahan di lutut saya dan pembengkakan di panggul saya mulai menghilang.

Saya berhenti merasakan sakit dan merasakan ringan pada persendian saya, setelah menjalani perawatan penuh saya akhirnya berhenti sakit dan bisa hidup bebas dari rasa sakit. Lebih dari 5 tahun telah berlalu sejak Saya sembuh dari osteortritis, saya bermain dengan cucu-cucu saya setiap hari dan menjalani hidup yang bahagia.

Tolong jika anda mengalami nyeri sendi dan nyeri di dalamnya mulailah pengobatan anda sekarang juga pesan obat ini dan sembuh lah selamanya saya meninggalkan tautan ke alat ini di bawah video Saya berharap Anda sehat."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"💊 Sekarang ada banyak hoax di Internet, tapi yang saya bicarakan adalah satu-satunya obat yang mengembalikan keremajaan dan elastisitas sendi pada tingkat molekuler.

💊 Dia menyelamatkan hidupku dan menyembuhkan kakiku. Saya benar-benar ingin Anda mulai hidup tanpa rasa sakit, cobalah pengobatan ini dan selamatkan diri Anda!"

Benarkah klaim video Megawati Soekarno Putri mengalami nyeri lutut dan pengobatannya? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Anies Baswedan Berbicara dengan Lukisan Monyet Usai Kalah Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan video Anies Baswedan sedang berbicara dengan lukisan monyet usai kalah Pilpres. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Agustus 2024.

Dalam postingannya terdapat video Anies Baswedan sedang berbicara dengan lukisan monyet. Postingan itu disertai narasi:

"Sakit jiwa krn keok pilpres kek kadrun pd gil4"

Lalu benarkah postingan video Anies Baswedan sedang berbicara dengan lukisan monyet usai kalah Pilpres? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

3 dari 4 halaman

Video Laki-Laki Tertua di Dunia Berusia 250 Tahun

Sebuah video yang diklaim seorang laki-laki tertua di dunia berusia 250 tahun beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi seorang laki-laki tua tengah berbaring di atas ranjang. Pria tersebut terlihat kurus dan diklaim sebagai laki-laki tertua di dunia saat ini berusia 250 tahun.

"Laki laki tertua di dunia saat ini berusia 250 tahun," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3,1 juta kali ditonton dan mendapat 1.200 lebih komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan laki-laki tertua di dunia berusia 250 tahun? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.