Sukses

Kumpulan Foto Hoaks Sepekan: Anies Baswedan Pakai Kemeja Merah Berlogo PDIP hingga Peresmian Mal Pertama di IKN

Beberapa foto hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam konten berupa foto.

Satu di antaranya foto yang diklaim Anies Baswedan memakai kemeja merah berlogo PDIP. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 20 Agustus 2024. Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan memakai kemeja merah dengan logo PDIP di sebelah kiri. Selain itu dalam latar belakang juga terdapat logo besar PDIP.

Akun itu menambahkan narasi "SEMANGAT NYEBONG NYE YACH DRUN KADRUN"

Namun setelah ditelusuri, postingan foto Anies Baswedan memakai kemeja merah berlogo PDIP adalah hoaks. Faktanya foto tersebut merupakan hasil editan.

Selain foto Anies memakai kemeja merah berlogo PDIP,terdapat foto hoaks lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Foto Peresmian Mal Pertama di IKN

Beredar di media sosial postingan beberapa foto yang diklaim sebagai peresmian mal pertama di IKN. Postingan itu beredar sejak dua pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 9 Agustus 2024. Dalam postingannya terdapat sejumlah foto gedung dengan narasi sebagai berikut:

"Peresmian mall pertama di IKN Menjelang perayaan HUT RI 2024"

Setelah ditelusuri, positingan beberapa foto yang diklaim sebagai peresmian mal pertama di IKN adalah hoaks. Faktanya foto tersebut diambil dari beberapa lokasi di Shenzhen, China.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.