Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Peristiwa di Malaysia, Simak Faktanya

Hoaks bisa mencatut nama negara mana saja tak terkecuali Malaysia. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial dan aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa mencatut nama negara mana saja tak terkecuali Malaysia. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial dan aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang beredar seputar Malaysia? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Penemuan Gua Raksasa di Bawah Ibu Kota Malaysia Kuala Lumpur

Kabar tentang penemuan gua raksasa di bawah ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 26 Agustus 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa ada penemuan gua kosong yang sangat besar di bawah Kota Kuala Lumpur. Informasi ini diklaim dari temuan Ahli Geologi dari Universiti Malaya, Dr. Sarah Jamal.

"Kuala Lumpur, 25 Agustus 2024 - Dalam sebuah penemuan mengejutkan yang telah mengejutkan dunia geologi, Dr. Sarah Jamal, ahli geologi terkemuka dari Universitas Malaya, telah mengungkapkan bahwa daerah di bawah kota Kuala Lampur adalah sebuah gua kosong yang sangat besar. Menurut sebuah studi mendalam yang dilakukan oleh Dr. Sarah dan timnya, struktur geologi yang unik ini terbentuk jutaan tahun yang lalu, membuat Kuala Lumpur tampak seperti kota yang dibangun di atas 'atap' gua raksasa.

Dr. Sarah menjelaskan bahwa “Gua Kuala Lumpur,” seperti namanya, terdiri dari batu kapur yang terkikis secara bertahap oleh air bawah tanah, menghasilkan rongga besar di bawah permukaan tanah. "Penemuan seperti ini sangat jarang, apalagi di bawah kota modern seperti Kuala Lumpur," kata Dr Sarah saat ditemukan.

Menambahkan lagi, gua berpotensi mengandung ekosistem unik yang belum sepenuhnya dijelajahi, tetapi hingga sekarang, sebagian besar ruang di dalam gua kosong tanpa tambahan formasi geologi atau tanda-tanda kehidupan.

Penemuan ini juga menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai stabilitas struktur perkotaan Kuala Lumpur, meskipun Dr. Sarah menegaskan bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan risiko yang mungkin terjadi. ~ berita hiburan dari imajinasi ai," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 11 kali dibagikan dan mendapat 37 komentar dari warganet.

Benarkah kabar tentang penemuan gua raksasa di bawah ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Pesawat Malaysia MH370 yang Hilang 9 Tahun Tenggelam di Laut

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto penampakan pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun tenggelam di laut. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 1 Mei 2023.

Klaim foto pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun tenggelam di laut. menampilkan wajah pesawat telihat berlapis sesuatu berwarna hijau dengan latar belakang gelap.

Foto tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun lalu telah ditemukan di bawah lautan tanpa kerangka manusia. Pesawat itu memiliki 239 penumpang di dalamnya. Pada 08/03/2014 Boeing 777 pesawat Malaysia MH 370 dengan 239 penumpang yang ditakdirkan ke Beijing dari Kuala Lumpur menghilang dari radar sipil, setelah bergabung dengan ruang udara Vietnam.

.. .. untung radar militer yang kuat mendeteksinya berputar kembali di seluruh Malaysia dan terbang selama 6 jam lagi menuju Summatra...

.. .. Pencarian dilakukan dengan bantuan ahli militer dan satelit Inmarsat...ditemukan juga bahwa ia terbang sejauh 3000 mil menuju Australia setelah menghilang dari radar militer seperti yang ditemukan oleh para ahli...

... Pencarian berlanjut di wilayah yang diidentifikasi Samudra Hindia tanpa keberhasilan.

.... Pada bulan Juli 2015 seorang anggota dewan di pulau reuni, 3000 mil dari area pencarian menemukan puing-puing fabaron bagian yang nomor seri kemudian dikonfirmasi menjadi bagian dari MH 370... terdampar di pantai. Tidak ada yang ditemukan di daerah dan sekitarnya...

... beberapa hari kemudian bagian segitiga lainnya dari mh370 ditemukan di pantai Mozambik yang sekitar 4300 mil dari area pencarian..."

Benarkah klaim foto pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun tenggelam di laut? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Hasil Hitung Suara di Malaysia dan Taiwan Telah Selesai Dilakukan

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim hasil penghitungan suara di Malaysia dan Taiwan telah selesai dilakukan. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Taiwan

01 mendapat 5,46% suara

02 mendapat 88,6% suara

03 mendapat 3,64% suara

Malaysia

01 mendapat 7,2% suara

02 mendapat 83,3% suara

03 mendapat 9,5% suara

Di Taiwan and Malaysia Anda sudah menang jendral"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim hasil penghitungan suara di Malaysia dan Taiwan telah selesai dilakukan? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini