Sukses

Waspada, Hoaks Bagi-Bagi Bantuan Uang Catut Nama Ridwan Kamil di Media Sosial

Belakangan ini marak tersebar di media sosial postingan video calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil membagikan sejumlah uang.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini marak tersebar di media sosial postingan video calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil membagikan sejumlah uang. Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya pun meminta masyarakat mewaspadai hoaks dengan modus penipuan itu.

Dalam postingan video yang beredar terlihat Ridwan Kamil menjanjikan uang hingga Rp 10 juta untuk biaya sekolah dan modal usaha. Namun dalam postingannya, akun tersebut meminta sejumlah uang untuk biaya administrasi.

Hoaks modus penipuan ini memang kerap mencatut nama tokoh ternama. Cek Fakta Liputan6.com beberapa kali menemukannya dengan memalsukan akun selebriti, pengusaha, hingga tokoh politik.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by atalia praratya (@ataliapr)

"Video di atas adalah salah satu hoaks yang disebar via tiktok, WA dan WAG. Calon korban diminta membayar 80ribu untuk mendapatkan dana yang ditawarkan.

Meskipun jelas ini buatan AI, lagipula latar belakang bendera dan slogan kelihatan sekali jaman menjabat jadi gubernur. Anehnya banyak yang tertipu. Waspada ya bapak ibu," ucap Atalia dalam akun Instagram pribadinya, @ataliapr yang sudah bercentang biru atau terverifikasi pada 5 September 2024.

"Bila ada postingan atau kiriman WA:

1. Selalu cek sumber informasi dari akun-akun resmi dan terpercaya.

2. Hindari menyebarkan konten yang belum jelas kebenarannya agar tidak memperluas penyebaran hoaks.

3. Laporkan konten-konten menyesatkan ke pihak berwenang atau platform media sosial terkait."

Sumber: https://www.instagram.com/p/C_hJpMGyELp/?hl=en&img_index=1

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.