Sukses

Cek Fakta: Pendaftaran Rekrutmen Pegawai BPJS Kesehatan 2024 Ini Tidak Benar

Cek Fakta Liputan6.com menelusiri klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024, bagaimana hasilnya? Simak artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 24 Agustus 2024.

Klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024 menampilkan poster digital bertuliskan

"RECRUITMENT

BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Periode Tahun 2024"

Unggahan poster tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pendaftaran pegawai BPJS kesehatan priode 2024Sesuai Domisili/Daerah kalian😊

silahkan isi data melalui link di di bawah👇

http://bpjskesehatan2024.jiscv.my.id/

Pendaftaran Gratis Tidak Dipungut Biaya!"

Unggahan tersebut mengarahkan penerima informasi untuk mendaftar dengan mengakses tautan sebagai berikut.

"https://bpjskesehatan2024.jiscv.my.id/?fbclid=IwY2xjawFLfLBleHRuA2FlbQIxMQABHS4euT1bKotj-HKXssdeBC_WFEAVBLo4p7mky3JG5Bs_UaEtWednyARZ4w_aem_gr0iVNVl9Ln7PRCoq9goMA"

Jika tautan tersebut diklik mengarah pada halaman yang diklaim sebagai formulir digital untuk mendaftar lowongan kerja BPJS Kesehatan 2024, formulir tersebut meminta data pribadi seperti nama lengkap sesuai e-KTP dan nomor telepon yang terdaftar di akun Telegram.

Benarkah klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusiri klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024, penelusuran mengarah pada akun Instagram resmi BPJS Kesehatan @bpjskesehatan_ri, akun Instagram tersebut memuat informasi tentang hoaks lowongan kerja BPJS Kesehatan.

Akun Instagram resmi @bpjskesehatan_ri menyebutkan, rekrutmen lowongan kerja BPJS Kesehatan hanya dipublikasikan melalui situs resmi BPJS Kesehatan  www.bpjs-kesehatan.go.id, media sosial resmi yang terverifikasi dan media nasional maupun lokal yang memiliki readership tinggi di masing-masing wilayah kerja BPJS Kesehatan.

 

Berikut unggahan tersebut:

 

"

  • BPJS Kesehatan mempublikasikan rekrutmen melalui:

-Website Resmi pada link www.bpjs-kesehatan.go.id

- Media sosial resmi yang telah terverifikasi

-Media masa cetak berskala nasional maupun lokal yang memiliki readership tinggi di masing-masing wilayah kerja BPJS Kesehatan

  • Kami tidak bertanggung jawab terhadap rekrutmen pegawai yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan yang tidak melalui saluran media tersebut.
  • BPJS Kesehatan dalam melakukan proses rekrutmen calon pegawai tidak pernah meminta unagn atau bentuk apapun lainnya kepada calon pendaftar.
  • Kami memingimbau kepada masyarakat agar segera melapor pada pihak yang berwenang apabila ada kejadian serupa agar kasus ini segera ditangani sehingga tidak memakan banyak korban
  • Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap modus-modus penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tang tidak bertanggung jawab."

 

  Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

 

"Halo sahabat, tertap hati-hati yaa dalam melihat pengumuman loker di BPJS Kesehatan.

Pastikan kalian mendapatkan informasi seputar rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan melalui kanal informasi resmi BPJS Kesehatan seperti, website resmi BPJS Kesehatan, dan media sosial BPJS Kesehatan yang sudah terverifikasi maupun media cetak dimasing-masing wilayah kerja BPJS Kesehatan.

Ingat, BPJS Kesehatan tidak pernah meminta uang atau dalam bentuk apapun kepada pendaftar.

#BPJSKesehatan

#GotongRoyong

#Inisiatif

#MakinMudah

#MakinCepat

#SemuaSetara"

 

Sumber:https://www.instagram.com/p/Cxfn-Y-vYzy/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim pendaftaran rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024 tidak benar.

Rekrutmen lowongan kerja BPJS Kesehatan hanya dipublikasikan melalui situs resmi BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id, media sosial resmi yang terverifikasi dan media nasional maupun lokal yang memiliki readership tinggi di masing-masing wilayah kerja BPJS Kesehatan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini