Sukses

Cek Fakta: Hoaks Ridwan Kamil Beri Bantuan Uang Tunai Puluhan Juta Rupiah Lewat TikTok

Beredar video yang diklaim calon gubernur Jakarta 2024, Ridwan Kamil memberikan bantuan uang tunai puluhan juta lewat TikTok. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang calon gubernur Jakarta 2024, Ridwan Kamil memberikan bantuan uang tunai puluhan juta rupiah lewat TikTok beredar di media sosial. Konten tersebut disebarkan akun TikTok mencatut Ridwan Kamil, @ridwankamil.official01.

Akun TikTok tersebut mengunggah video Ridwan Kamil yang tengah duduk dan berbicara di depan kamera. Dalam video itu, mantan Wali Kota Bandung itu mengatakan, akan memberikan bantuan biaya sekolah, modal usaha, dan bayar hutang masing-masing Rp 10 juta, dengan syarat mengikuti akun tersebut dan membagikan videonya.

"Assalamualaikum, saya Ridwan Kamil, di akun TikTok ini saya akan berbagi bantuan. Tapi bantuan ini hanya untuk yang benar-benar membutuhkan. Bantuan yang akan saya berikan sesuai dengan keterangan di bawah. Silakan follow akun ini dan bagikan videonya. Lalu pilih yang akan kalian butuhkan, tapi ingat jika sudah saya bantu, jangan untuk foya-foya," demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun TikTok tersebut telah 77.9 ribu kali disukai dan mendapat 34 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu Ridwan Kamil memberikan bantuan berupa uang tunai? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Ridwan Kamil memberikan bantuan berupa uang tunai lewat TikTok. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat video identik yang diunggah akun TikTok resmi Ridwan Kamil, @ridwankamil.official pada 16 Mei 2023 lalu. Dalam video itu, Ridwan Kamil memberikan semangat kepada mahasiswa yang tengah sibuk mengerjakan skripsi.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar tangkapan layar video dari akun TikTok @ridwankamil.official.</p>

"Jangan nunggu dihari Senin, kerjakan selagi mungkin. Kerjakan sekarang juga supaya dihari wisuda kamu bisa kenalkan si dia ke orang tuamu," kata Ridwan Kamil dalam video tersebut.

Sementara Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya lewat akun Instagramnya @ataliapr menyebut bahwa suaminya yang disebut-sebut membagikan bantuan uang tunai adalah tidak benar alias hoaks. Menurut Atalia, video yang diunggah akun TikTok @ridwankamil.official01 diduga merupakan modus penipuan.

<p>Gambar tangkapan layar video dari akun Instagram @ataliapr.</p>

"*HOAX*semakin marak, kakaaa..

Duh...jadi pengen segera beres musim pilkada...

pengen cepet cepet musim duren😘

#ataliapraratya

#sicinta atalia

______

Video diatas adalah salah satu hoax yang disebar via tiktok, WA dan WAG. Calon korban diminta membayar 80ribu untuk mendapatkan dana yang ditawarkan.

Meskipun jelas ini buatan AI, lagipula latar belakang bendera dan slogan kelihatan sekali jaman menjabat jadi gubernur.

Anehnya banyak yang tertipu..

waspada ya bapak ibu...

Bila ada postingan atau kiriman WA:

1. Selalu cek sumber informasi dari akun-akun resmi dan tepercaya.

2. Hindari menyebarkan konten yang belum jelas kebenarannya agar tidak memperluas penyebaran hoaks.

3. Laporkan konten-konten menyesatkan ke pihak berwenang atau platform media sosial terkait.

#saringsebelum sharing," tulis akun Instagram @ataliapr pada 5 September 2024.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/C_hJpMGyELp/?utm_source=ig_embed&ig_rid=b53d1d0c-4b86-407c-aeb5-c806b5aa3bd8&img_index=1

https://www.tiktok.com/@ridwankamil.official/video/7233779803311082757

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang diklaim Ridwan Kamil memberikan bantuan berupa uang tunai puluhan juta rupiah lewat TikTok ternyata tidak benar alias hoaks. Konten tersebut diduga merupakan modus penipuan mencatut Ridwan Kamil.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini