Sukses

Ragam Hoaks Catut Nama UAS, Simak Faktanya

Hoaks tak jarang menerpa tokoh agama tertentu tak terkecuali Uztaz Abdul Somad (UAS). Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks tak jarang menerpa tokoh agama tertentu tak terkecuali Uztaz Abdul Somad (UAS). Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks mencatut nama UAS? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Artikel Ustaz Abdul Somad Masuk RS Akibat Raja Singa

Beredar di media sosial postingan artikel Ustaz Abdul Somad masuk rumah sakit (RS) karena penyakit sifilis atau raja singa. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 22 September 2024.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar artikel Suara.com berjudul "Uztadz Abdul Somad: Masuk Rumah Sakit (RS) Karena Kena Penyakit Sipilis"

Akun itu menambahkan narasi

"USTAD JAJAN SEMBARANGAN DRUN KDRUUUUNNNN USTAD LU TUH..KAKAKAKKKK"

Lalu benarkah postingan artikel Ustaz Abdul Somad masuk rumah sakit (RS) karena penyakit sifilis atau raja singa? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Poster UAS Sebut Facebook Haram Sudah Dimanipulasi

Sejak awal pekan ini, Facebook dihebohkan dengan poster dengan sosok Ustad Abdul Somad. Penceramah yang akrab disapa UAS itu menyebut Facebook haram dalam posternya.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun di Facebook yang menyebut UAS mengatakan Facebook haram.

Tiga akun itu adalah Thomas Pattimura Alifuru, Adam Hawa Muhammad Mansyur, dan Munaz Inara. Ketiganya menampilkan foto poster UAS yang sama dengan narasi:

"FACE BOOK HARAM

Karena dibuat oleh kafir untuk merusak iman Islam.

Menulis status di wall menyerupai Tembok Ratapan kaum Yahudi".

Lalu, benarkah UAS menyebut Facebook haram? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Ustaz Abdul Somad Jadi Tersangka

Sebuah video yang diklaim ustaz Abdul Somad (UAS) jadi tersangka beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Umar Sahit pada 18 Mei 2021.

Akun Facebook Umar Sahit mengunggah video yang berasal dari YouTube berjudul "UAS Jadi Tersangka!! Polri Amankan Uang Sumbangan Umat".

Dalam video tersebut terdapat foto suasana konferensi pers pengungkapan kasus oleh kepolisian. Terlihat sosok ustaz Abdul Somad mengenakan baju tahanan berwarna oranye. Di depannya terlihat tumpukan uang.

"AKHIRNYA TERUNGKAP POLRI TEMUKAN BUKTI BUKTI BARU UAS TERJERAT PASAL BELAPIS," demikian narasi dalam gambar tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook Umar Sahit telah 75 kali dibagikan dan mendapat 5 komentar warganet.

Benarkah dalam video itu ustaz Abdul Somad jadi tersangka? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.