Sukses

Kumpulan Hoaks Pembagian Uang Catut Tokoh Politik, dari Rano Karno hingga Prabowo

Hoaks dengan konten pembagian uang kerap mencatut nama tokoh politik ternama. Hoaks ini menyebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks dengan konten pembagian uang kerap mencatut nama tokoh politik ternama. Hoaks ini menyebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks pembagian uang catut nama tokoh politik ternama? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Ridwan Kamil Beri Bantuan Uang Tunai Puluhan Juta Rupiah Lewat TikTok

Kabar tentang calon gubernur Jakarta 2024, Ridwan Kamil memberikan bantuan uang tunai puluhan juta rupiah lewat TikTok beredar di media sosial. Konten tersebut disebarkan akun TikTok mencatut Ridwan Kamil, @ridwankamil.official01.

Akun TikTok tersebut mengunggah video Ridwan Kamil yang tengah duduk dan berbicara di depan kamera. Dalam video itu, mantan Wali Kota Bandung itu mengatakan, akan memberikan bantuan biaya sekolah, modal usaha, dan bayar utang masing-masing Rp 10 juta, dengan syarat mengikuti akun tersebut dan membagikan videonya.

"Assalamualaikum, saya Ridwan Kamil, di akun TikTok ini saya akan berbagi bantuan. Tapi bantuan ini hanya untuk yang benar-benar membutuhkan. Bantuan yang akan saya berikan sesuai dengan keterangan di bawah. Silakan follow akun ini dan bagikan videonya. Lalu pilih yang akan kalian butuhkan, tapi ingat jika sudah saya bantu, jangan untuk foya-foya," demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun TikTok tersebut telah 77.9 ribu kali disukai dan mendapat 34 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu Ridwan Kamil memberikan bantuan berupa uang tunai? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Rano Karno Bagikan Uang Rp 20 Juta di Media Sosial

Beredar di media sosial postingan Rano Karno membagikan uang Rp 20 juta hanya dengan mengikuti akunnya di media sosial. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun bernama @indoberbagi4d mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 24 September 2024.

Dalam postingannya terdapat video Rano Karno dengan narasi sebagai berikut:

"Saya Rano Karno Alhamdulilah hari ini saya berbagi di Tiktok bagi siapa saja yang melihat video saya jangan di skip mungkin ini rezeki Anda. 20 juta untuk Anda yang sudah follow tekan tanda hati dan panah ini resmi ya bukan karena politik"

Lalu benarkah postingan Rano Karno membagikan uang Rp 20 juta hanya dengan mengikuti akunnya di media sosial? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Prabowo Subianto Berikan Bantuan pada Orang yang Kesulitan dengan Daftar Lewat WhatsApp

Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto membagikan bantuan uang cash dengan daftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 April 2024.

Di dalam unggahannya terdapat foto Prabowo Subianto dengan narasi sebagai berikut:

"Yang lagi kesulitan sini bapak bantu harus jujur buat apa, no tipu-tipu. Whatsapp 08821854798xx. Asalkan jujur butuh bantuan untuk apa pasti bapak kirim chassh.."

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 1,4 juta kali mendapat 10, ribu likes dan 9,4 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan Prabowo Subianto membagikan bantuan uang cash dengan daftar melalui Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.