Sukses

Cek Fakta: Hoaks Samsung Bagikan 800 Ponsel Baru di Facebook dalam Rangka Merayakan Ulang Tahun ke-84

Beredar di media sosial postingan Samsung membagikan 800 ponsel baru dalam rangka merayakan ulang tahun ke-84. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan Samsung membagikan 800 ponsel baru dalam rangka merayakan ulang tahun ke-84. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama Samsung Fans mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 27 September 2024.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Untuk merayakan ulang tahun Samsung ke-84, tim @SAMSUNG akan mengirimkan 800 ponsel Samsung baru kepada semua orang yang mengucapkan "Selamat Ulang Tahun" di halaman resmi kami sebelum 30 September."

Lalu benarkah postingan Samsung membagikan 800 ponsel baru dalam rangka merayakan ulang tahun ke-84?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan akun bernama Samsung Fans bukanlah akun resmi Samsung ataupun Samsung Indonesia.

Di Facebook akun resmi Samsung bernama @SamsungIndonesia yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Dalam akun tersebut juga tidak ditemukan informasi valid mereka akan membagikan 800 ponsel dalam rangka ulang tahun ke-84.

Sementara website resmi Samsung adalah Samsung.com. Di sana juga tidak ada informasi valid terkait pembagian ponsel seperti dalam postingan.

Dalam website resminya, Samsung Electronics sendiri baru berdiri tahun 1969. Artinya umur mereka saat ini baru 55 tahun.

Di dalam kolom komentar postingan juga terdapat ajakan untuk mengklik tautan tertentu. Ini merupakan modus pencurian data atau pinjaman online ilegal sehingga postingan seperti ini tidak bisa dipercaya dan harus dihindari.

Sumber:

https://www.facebook.com/SamsungIndonesia

https://www.samsung.com/id/about-us/brand-identity/brand-story/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan Samsung membagikan 800 ponsel baru dalam rangka merayakan ulang tahun ke-84 adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini