Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Hujan Api di Israel

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video hujan api di Israel, bagaimana hasilnya? Simak artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video hujan api di Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 September 2024.

Klaim video hujan api di Israel menampilkan sejumlah titik cahaya berwarna merah yang diikut dengan asap bertebaran di langit. Dalam video terlihat sejumlah orang yang menyaksikan cahaya tersebut di anataranya sekelompok orang mengenakan pakaian hitam dengan tulisan G.I.P di punggung.

Dalam video tersebut terdapat tulisan

"hujan api di israel"

"SEBARKAN MAKA JARIMU AKAN BERSAKSI DI AKHIRAT KELAK"

Benarkah klaim video hujan api di Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video hujan api di Israel, dengan menggunakan Google Image.

 

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video hujan api di Israel.</p>

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya video berjudul "Algerian Mouloudia fans celebrate their club's 103rd anniversary" yang diunggah akun YouTube Ultras Mentality, pada 16 Agustus 2024.

Video tersebut menampilkan sejumlah titik cahaya berwarna merah yang diikut dengan asap bertebaran di langit, dalam video tersebut terdapat cuplikan video yang identik dengan klaim.

 

 

<p>Penelusuran menelusuri klaim video hujan api di Israel.</p>

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Footage from Algeria and Indonesia falsely linked to Middle East conflict" yang dimuat situs factcheck.afp.com, pada 4 Oktober 2024. 

Artikel situs  factcheck.afp.com mengulas video yang sama dengan klaim, menggungkap video tersebut adalah perayaan hari jadi tim sepak bola Aljazair, Mouloudia Club d'Alger, ke-103 pada bulan Agustus 2024.

 

Penelusuran dilanjutkan dengan memanfaatkan cuplikan gambar sejumlah orang menggunakan baju hitam bertuliskan "G.I.P" , dalam artikel berjudul "Videonun İsrail'e yapılan saldırıyı gösterdiği iddiası" yang dimuat situs teyit.org, pada 3 Oktober 2024.

Situs teyit.org menyebutkan, G.I.P adalah kelompok yang melakukan aktivitas keamanan swasta di Aljazair. Dikenal dengan nama G.I.P (Groupe d'Intervention et de Protection).

 

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=cg4xdAftrZ8https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.36HX7PB

https://teyit.org/analiz/videonun-israile-yapilan-saldiriyi-gosterdigi-iddiasi

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video hujan api di Israel tidak benar.

Video tersebut adalah perayaan hari jadi tim sepak bola Aljazair, Mouloudia Club d'Alger, ke-103 pada bulan Agustus 2024.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Video Terkini