Sukses

Kumpulan Hoaks yang Beredar di Media Sosial Seputar Israel

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks seputar Israel, berikut kumpulan hoaks seputar Israel.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks, atau berita palsu, sering kali muncul dan menyesatkan banyak orang. Salah satu topik yang sering menjadi sasaran hoaks adalah konflik dan isu-isu seputar Israel.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks seputar Israel, berikut kumpulan hoaks seputar Israel.

Video Hujan Api di Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video hujan api di Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 September 2024.

Klaim video hujan api di Israel menampilkan sejumlah titik cahaya berwarna merah yang diikut dengan asap bertebaran di langit. Dalam video terlihat sejumlah orang yang menyaksikan cahaya tersebut di anataranya sekelompok orang mengenakan pakaian hitam dengan tulisan G.I.P di punggung.

Dalam video tersebut terdapat tulisan

"hujan api di israel"

"SEBARKAN MAKA JARIMU AKAN BERSAKSI DI AKHIRAT KELAK"

Benarkah klaim video hujan api di Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

2 dari 4 halaman

Video Drone Iran Nyangkut di Kabel Listrik Wilayah Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 28 April 2024.

Unggahan klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel menampilkan sebuah benda dengan bentuk menyerupai pesawat terlihat menyangkut pada bentangan kabel di udara.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "Drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah israel"

Benarkah klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Raja Salman Sebut Warga Palestina Sengaja Jadi Tameng Agar Dunia Menyalahkan Israel

Beredar di media sosial postingan Raja Salman menyebut warga Palestina sengaja jadi tameng agar dunia menyalahkan Israel. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Agustus 2024.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar dari artikel Detik.com berjudul:

"Raja Salman: warga Palestina sengaja jadi tameng dengan harapan kalau di serang israel dunia akan menyalahkan israel"

Akun itu menambahkan narasi: "Harusnya Pak Presiden Jokowi dan Menlu Retno... bisa bertanya langsung pada Raja Salman"

Lalu benarkah postingan Raja Salman menyebut warga Palestina sengaja jadi tameng agar dunia menyalahkan Israel? Simak dalam artikel berikut ini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.