Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Gurita Raksasa Hancurkan Atap Mobil Mewah di Qatar

Beredar video yang diklaim gurita raksasa menghancurkan atap mobil mewah di sebuah parkiran mal di Qatar. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim gurita raksasa menghancurkan atap mobil mewah di sebuah parkiran mal di Qatar beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada Oktober 2024.

Dalam video tersebut terlihat seekor gurita bergerak menaiki sebuah mobil. Gurita itu kemudian menghancurkan mobil tersebut dengan cengkeramannya. Video itu kemudian diklaim terjadi di sebuah mal di Qatar.

"Sebuah kejadian tak terduga ini terjadi di parkiran mal besar yang ada di Qatar. Dari rekaman video ini terlihat seekor gurita raksasa terlepas dari salah satu mobil pengunjung mal. Gurita raksasa ini bergerak secara liar menaiki sebuah mobil mewah dan lihat apa yang terjadi. Gurita raksasa itu secara tiba-tiba menghancurkan sebuah mobil mewah berwarna putih. Cuma dengan hitungan detik. Kejadian langka ini sungguh di luar nalar manusia, kita bisa bayangkan berapa kuat cengkeraman gurita itu. Luar biasa," demikian narasi dalam video tersebut.

"Gurita raksasa menghancurkan atap mobil mewah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah mendapat beberapa kali respons dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut seekor gurita raksasa menghancurkan mobil di sebuah mal di Qatar? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim gurita raksasa menghancurkan atap mobil mewah di sebuah parkiran mal di Qatar. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat video identik di yang diunggah akun Instagram @ghost3dee pada 25 September 2023. Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar tangkapan layar unggahan dari akun Instagram @ghost3dee.</p>

"When you park like a jackass, a giant alien octopus comes and crushes your car.

Another Churro sim that i’ve been putting on the backburner for a while that combines several solvers and techniques, including nested point deforms, fake rbd vellum tricks and a massive exploitation of vellum constraints. Tet fiber constraints where used to compress tentacles and crush the proxy softbody car that hinges and shakes on 4 static wheels.

Again, i didn’t use a single keyframe in the entire scene and kept everything procedural. I’ve learned a lot about sim checkpoints help avoid resimming the entire timeline just for a small change that needs to happen late in the sim.

Although some parts of the sim were challenging, the most time was spent on the compositing stage. I lost faith in AE for the past few years and did most of the stuff in Nuke, which is major change in my personal pipeline. AE started to remind me of Max with countless bloated plugins upon plugins that make the software crash because of incompatibilites when used together," tulis akun Instagram @ghost3dee.

Dalam profil Instagramnya, akun @ghost3dee menyebut bahwa dirinya adalah seorang animator di Qatar. Ia mampu menciptakan visual efek menggunakan perangkat computer-generated imagery (CGI).

 

Referensi:

https://www.instagram.com/ghost3dee/reel/CxnvIpytjqG/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim gurita raksasa menghancurkan atap mobil mewah di sebuah parkiran mal di Qatar ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, video tersebut merupakan hasil rekayasa digital menggunakan CGI.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Video Terkini