Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Pidato Presiden FIFA Berikan Kemenangan Bagi Timnas Indonesia atas Bahrain

Beredar di media sosial postingan video Presiden FIFA Gianni Infantino berpidato memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia atas Bahrain.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video Presiden FIFA Gianni Infantino berpidato memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia atas Bahrain. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Oktober 2024.

Dalam postingannya terdapat video Infantino berbicara dengan Bahasa Inggris dengan teks terjemahan sebagai berikut:

"Keputusan menambahkan waktu injury time setelah melewati sangat merugikan Timnas Indonesia. Kepada para pecinta sepak bola dan dengan ini pertandingan tersebut tidaklah sah. Dan pertandingan tersebut apakah harus diulang atau tidak dengan ini FIFA memutuskan selanjutnya poin sepenuhnya akan diberikan"

Postingan video itu juga dilengkapi tabel klasemen dengan Indonesia berada di posisi kedua di bawah Jepang.

Akun itu menambahkan narasi "Semoga beritanya benar #garudaindonesia#garudadidadaku #menyalasemangatku"

Lalu benarkah postingan video Presiden FIFA Gianni Infantino berpidato memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia atas Bahrain?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan video yang identik dengan postingan. Video itu diunggah di akun Youtube PSSI TV pada 2 November 2019.

<p>Cek Fakta Presiden FIFA pidato berikan kemenangan bagi Timnas Indonesia</p>

Kesamaan terdapat pada pakaian, bendera dan juga latar tempat di belakang Infantino. Video itu berjudul "Pesan Khusus Presiden FIFA Gianni Infantino".

Video asli berdurasi 2 menit 19 detik itu disertai narasi:

"Tak lama setelah pengumuman Piala Dunia U-20 2021, hari ini akan menjadi hari bersejarah lainnya bagi PSSI. Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan PSSI 2019 akan dilaksanakan di Hotel Shangrila, Jakarta.

Kongres ini diikuti 86 voters yang terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, Federasi Futsal Indonesia (FFI) dan Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI).

Dalam rangka menyambut Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan PSSI 2019 ini, Presiden FIFA Gianni Infantino memiliki pesan khusus untuk masyarakat sepak bola Indonesia."

Dalam video asli, Infantino membahas KLB PSSI 2019, bukan laga Timnas Indonesia Vs Bahrain yang digelar 10 Oktober 2024 lalu.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=CjWABpZuPKM

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video Presiden FIFA Gianni Infantino berpidato memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia atas Bahrain adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Video Terkini