Sukses

Cek Fakta: Hoaks Artikel Cak Imin Sudah Ajukan Nama Anies Baswedan ke Prabowo Sesuai Permintaan Anies

Beredar di media sosial postingan artikel Cak Imin mengajukan nama Anies Baswedan ke Prabowo sesuai permintaan Anies. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan artikel Cak Imin mengajukan nama Anies Baswedan ke Prabowo sesuai permintaan Anies. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 20 Oktober 2024.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar artikel dari Detik.com berjudul:

"Cak Imin: "Sebenarnya Saya Sudah Ajukan Nama Mas Anies ke Pak Prabowo, Sesuai Pesan Mas Anies, Tapi Mohon Maaf Mas Anies, Beliau Nyatakan Kursi Kabinet sudah Full."

Lalu benarkah postingan artikel Cak Imin mengajukan nama Anies Baswedan ke Prabowo sesuai permintaan Anies?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka laman Detiknews.com. Namun tidak ada artikel seperti yang disebutkan dalam postingan di atas.

<p>Cek Fakta artikel Cak Imin</p>

Cek Fakta Liputan6.com justru menemukan artikel yang identik dengan postingan. Kesamaan terdapat pada foto yang dipakai dalam artikel.

Namun dalam artikel asli mempunyai judul "Cak Imin Ngaku Dapat Tugas dari Prabowo untuk 'Mengkoordinir'" yang tayang pada 17 Oktober 2024. Berikut isi artikelnya:

"Jakarta - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku menerima arahan untuk menjadi bagian dari kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto. Cak Imin mengaku diberikan tugas untuk 'mengkoordinir'.Cak Imin tak menjelaskan lebih lanjut pos kementerian apa yang akan dipimpinnya. Ia mengaku akan mengikuti arahan Prabowo.

"Saya enggak tau (posisi menko) ha-ha, pokoknya kita ikuti aja. Belum (arahan khusus), ya pokoknya mengkoordinir aja," kata Cak Imin di The Westin Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Cak Imin mengaku tidak ada keinginan perihal posisi yang akan diberikan. Dia menyebut penempatan posisi dalam kabinet sepenuhnya menjadi hak istimewa presiden.

"Enggak ada pengen-pengenan (posisi menteri), itu urusan prerogatif presiden," ungkap Cak Imin.

Seperti diketahui, Cak Imin turut mengikuti pembekalan calon menteri kabinet Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Cak Imin menyebut pembekalan ini membahas persiapan kabinet yang akan datang.

"Ya pokoknya hari ini briefing, hari ini briefing tantangan dan persiapan kabinet yang akan datang," kata Cak Imin kepada wartawan di Hambalang pada Rabu (16/10).

Cak Imin mengatakan Prabowo menyampaikan banyak hal dalam pembekalan tersebut. Namun, kata Cak Imin, inti pembekalan tersebut adalah perencanaan pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming mendatang.

"Semua.. semua, pemetaan, persiapan dan perencanaan," ucapnya."

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-7593391/cak-imin-ngaku-dapat-tugas-dari-prabowo-untuk-mengkoordinir

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan artikel Cak Imin mengajukan nama Anies Baswedan ke Prabowo sesuai permintaan Anies. Faktanya judul dalam artikel itu merupakan hasil editan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Video Terkini