Sukses

Mengenang Pertama Kali Mengenal Social Media

Aku mulai mengenal internet sejak SMP. Internet yang ku ingat dulu adalah 'Friendster'.

Citizen6, Jakarta Aku mulai mengenal internet sejak SMP. Internet yang ku ingat dulu adalah 'Friendster'.Saking candunya dengan sosmed itu, beberapa warnet di sekitar SMP-ku sudah pernah aku masuki; hanya untuk mengetes warnet mana yang tercepat untuk membuka sosial media paling nge-hits saat itu: Friendster.

Bahkan saat itu, aku sudah memulai aktivitas yang sekarang disebut 'kepo'. Aku sering melihat-lihat testimonial dari teman-temanku. Mencoba menebak-nebak mood temanku dari shotout-nya. Di friendster juga sudah mulai ada aktivitas 'kode'. Memajang teman di lamannya, bisa 1,3 atau 6 orang. Kadang dari ke-6 yang dipajang, ada satu yang bukan hanya sekedar 'teman'. Hehehe.

Selain membuka friendster, aku juga 'rajin' membuka MIRC, berkenalan dengan banyak orang, kemudian berlanjut YM-an (Yahoo Messenger). Yang membuatku ketawa antara lucu dan malu-maluin adalah beberapa bulan yang lalu ku buka YM jadul ku yang masih ber-alamat alay bin nggak jelas: di sana ku temukan banyak kontak-kontak yang nggak ku kenal. Ya, temen-temen MIRC ku dulu.

Kemudian setelah friendster nggak terkenal lagi, aku mencoba sosial media lain: Plurk. Ku kumpulkan banyak karma disana. Sosmed yang satu ini aku kurang begitu tertarik, soalnya dulu nulis status ya cuma kalo ke warnet. Padahal status menentukan karma yang ada. Jadinya karma milikku cuma sedikit, bikin males. Hehehe.

Setelah plurk, aku juga ikut-ikutan membuat facebook. Ada yang lucu saat menemani temanku fb-an, saat om-nya nge-add dia di fb, ada notifikasi masuk, "ini ignore atau confirm ya?" Karena menurutku bagus kata-kata ignore...akhirnya dia ku minta memilih 'ignore'. Setelah aku punya akun fb sendiri...aku baru tau artinya 'ignore' adalah 'tolak'. Teman, maafkan aku ya!

Dan dari semua sosial media awal-awal ber-internet, baru sekarang aku sadar kalo friendster paling tidak cocok untuk aku-yang-notabene-tukang-kepo-stalking-kelas-kakap. Kalo orang-orang yang pernah menjajalnya, pasti masih inget, di home friendster ada fitur yang bernama ‘Who's viewed Me?’ Pffft.

Penulis:

Zakiyah A

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini